SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengaruhProfitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan danStruktur Modal terhadapPengungkapan Corporate Social Responsibilitypada Perusahaan Manufakturyang Terdaftar di BEI Periode 2014

Richo Diana Aviyanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Aviyanti, Richo Diana. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaandan Struktur Modal terhadap Pengungkapan Corporate SocialResponsibility pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEIPeriode 2014. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Tuhardjo, SE., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: Pengungkapan, EPS, Pertumbuhan Aset, DER dan CSR.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, pertumbuhan perusahaan dan struktur modal terhadap pengungkapan CorporateSocial Responsibility (CSR) pada perusahaan manufaktur periode 2014 dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Profitabilitas diukur dengan rasio EarningsPer Share (EPS), pertumbuhan perusahaan diukur dengan rasio pertumbuhan aset, struktur modal diukur dengan Debt to Equity Ratio (DER) dan pengungkapan CSR diukur dari indeks pengungkapan berdasarkan ISO 26000. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2014 berjumlah 137 perusahaan. Sampel sebanyak 69 perusahaan dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menganalisis annual report dan laporan keberlanjutan perusahaan dengan metodecontent analysis. Analisis data penelitian menggunakan regresi linear berganda, uji t dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan bantuan program SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa EPS berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan CSR. Hasil tersebut dibuktikan dengan nilai EPS padaunstandardized coefficients beta bernilai positif sebesar 0,00008 dan nilai signifikansi sebesar 0,011. Pertumbuhan aset berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan CSR. Hasil tersebut dibuktikan dengan nilai pertumbuhan aset pada unstandardized coefficients beta bernilai positif sebesar 0,01213 dan nilai signifikansi sebesar 0,043 sedangkan, DER berpengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan CSR. Hasil tersebut dibuktikan dengan nilai DER padaunstandardized coefficients beta bernilai negatif sebesar -0,02243 dan nilai signifikansi sebesar 0,013.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan: (1) Bagi perusahaan, diharapkan lebih memperhatikan EPS dan pertumbuhan aset yang dimiliki karena EPS yang tinggi dan pertumbuhan aset yang tinggi terbukti berpengaruh terhadap luas pengungkapan CSR; (2) Bagi investor, diharapkan lebih memperhatikan kinerja keuangan (EPS, pertumbuhan aset dan DER) sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan investasi karena EPS, pertumbuhan aset dan DER terbukti berpengaruh terhadap luas tidaknya pengungkapan CSR; (3) Bagi peneliti selanjutnya, menambah periode penelitian, menggunakan atau menambah variabel lain yang diduga berpengaruh terhadap pengungkapan CSR, sampel yang digunakan tidak terbatas hanya pada industri manufaktur, menggunakan nilai EPS dan pertumbuhan aset positif dan negatif sebagai sampel.