SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Menggunakan Media Gambar Ilustrasi Pada Siswa Kelas V SDN Madyopuro 4 Kota Malang

Selvi Indrasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Indrasari, Selvi. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita MenggunakanMedia Gambar Ilustrasi pada Siswa Kelas V SDN Madyopuro 4 KotaMalang, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas IlmuPendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Sumanto,M.Pd., (II) Dra. Ratna Trieka Agustina, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Media Gambar Ilustrasi, Menulis Cerita.

Media Gambar Ilustrasi adalah suatu media pembelajaran yang berikankumpulan gambar tentang Kerajaan Islam di Indonesia dan digunakan untukmencari informasi dan dituangkan dalam sebuah cerita. Penelitian dilaksanakan diSDN Madyopuro 4 Kota Malang, kemampuan siswa dalam menulis cerita tergolongrendah, karena siswa belum memahami cara membuat cerita dengan baik. Tujuandalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pada

siswa kelas V SDN Madyopuro 4 Kota Malang dengan menggunakan mediagambar ilustrasi.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian TindakanKelas (PTK) dengan model siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan,observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus dengan subjekpenelitian siswa kelas V SDN Madyopuro 4 Kota Malang dengan jumlah siswa 27.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, tesdan wawancara. Pada penelitian ini teknik analisis data menggunakan reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian tentang keterampilan menulis cerita dengan menggunakanmedia gambar ilustrasi dapat meningkat: (1) aktivitas guru dari siklus I dengan skortotal 81 meningkat menjadi 91 pada siklus II, (2) aktivitas siswa pada siklus 1 ratarata 70, meningkat menjadi 80 pada siklus II, (3) hasil keterampilan siswa dalammenulis cerita menggunakan media gambar ilustrasi dimulai dari pra tindakanhingga siklus II mengalami peningkatan yaitu pada pra tindakan 40% siswa yangmencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan oleh peneliti,pada siklus I meningkat menjadi 74%, pada siklus II meningkat menjadi 89% siswayang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditentukanpeneliti. Peneliti menilai karya siswa menggunakan beberapa aspek yaitu pemilihankata, kesesuaian isi dengan judul, penggunaan tanda baca, penggunaan hurufkapital, dan pengembangan paragraf.

Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media gambar ilustrasi dapatmeningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerita. Peneliti menyarankan agardapat menggunakan dalam setiap proses pembelajaran salah satunya media gambarilustrasi, karena dengan menggunakan media pembelajaran, siswa akan lebihtertarik dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga tujuan pembelajaran yang dibuatdalam pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.