SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Ketegasan Sanksi, Sosialisasi, dan Dimensi Keadilan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM yang terdaftar di KPP Pratama Kota Batu

Octavia Febrianti

Abstrak


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditetapkannya Peraturan Pemerintah No.46 Tahun 2013 yang mana masih banyak pelaku UMKM yang belum mengetahui regulasi tersebut karena kurangnya pemerataan sosialisasi yang dilakukan oleh DJP. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis secara parsial pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Ketegasan Sanksi, Sosialisasi, dan Dimensi Keadilan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM yang terdaftar di KPP Kota Batu. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode penyebaran kuesioner.

Populasi penelitian adalah Wajib Pajak UMKM yang terdaftar di KPP Kota Batu. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu Wajib pajak yang memiliki usaha mikro kecil menengah (UMKM), usaha sudah berjalan minimum 2 tahun, melakukan aktivitas perdagangan di daerah Kota Batu, dan memiliki peredaran bruto kurang dari Rp 4,8 M per tahun. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi (R2) dan uji hipotesis parsial (t) dan simultan (F).

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan, sosialisasi, dan dimensi keadilan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM yang terdaftar di KPP Pratama Kota Batu. Sedangkan variabel ketegasan sanksi tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM yang terdaftar di KPP Pratama Kota Batu. Hal ini dikarenakan kurangnya sistem pengawasan yang dilakukan oleh petugas pajak. Sehingga wajib pajak merasa tidak akan ada pengaruh baginya jika tidak membayarkan pajak 1% nya tersebut atau terlambat dalam pembayarannya. Karena petugas pajak pun tidak memberikan sanksi yang berarti bagi wajib pajak UMKM. Sehingga petugas pajak perlu memiliki komitmen dalam menegakan peraturan berkaitan pemberian sanksi. Kurang meratanya sosialisasi yang dilakukan oleh petugas pajak pun menjadi salah satu faktor yang dapat mengurangi kepatuhan wajib pajak. Sehingga menaikkan intensitas sosialisasi, melakukan sosialisasi yang lebih merata. Melakukan pendekatan persuasif kepada pelaku UMKM agar lebih memahami dengan pengenaan pajak final 1% ini.