SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Keterampilan Menulis Pengumuman Melalui Strategi Guided Writing Siswa Kelas IV Di SDN Tawangrejo Kabupaten Blitar

Dyah Farida

Abstrak


ABSTRAK

 

Farida, Dyah. 2017. Meningkatkan Keterampilan Menulis Pengumuman melalui Strategi Guided Writing Siswa Kelas IV di SDN Tawangrejo Kabupaten Blitar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sutansi, S.Pd., (II) Drs. Suhel Madyono, S.Pd., M.Pd

 

Kata Kunci: meningkatkan, keterampilan menulis pengumuman, strategi guided writing.

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SDN Tawangrejo Kabupaten Blitar ditemukan masalah dalam pembelajaran menulis pengumuman. Dalam pelaksanaannya guru masih menggunakan cara mengajar konvensional dan siswa hanya diberikan penjelasan serta tugas-tugas tanpa mendapatkan pengarahan dan bimbingan dalam menulis yang benar. Akibatnya, siswa masih kesulitan dalam penggunaan ejaan, sulit menuangkan idenya, sulit menyusun dan merangkai kata dalam menulis sehingga pengumuman yang dihasilkan menjadi tidak beraturan. Hal tersebut terlihat dari nilai ketuntasan yang menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa masih rendah. Hanya terdapat 8 siswa yang memenuhi nilai KKM dengan persentase ketercapaian sekitar 38,09%, sedangkan 13 siswa belum memenuhi KKM dengan persentase ketercapaian sekitar 61,9%. Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan penerapan dan peningkatan keterampilan menulis pengumuman melalui strategi guided writing.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksananakan dalam 2 siklus dengan tahapan (a) perencanaan (b) pelaksanaan (c) observasi dan (d) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan keterampilan menulis pengumuman dengan menggunakan strategi guided writing mengalami peningkatan. Aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran menulis pengumuman melalui strategi guided writing mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada siklus I aktivitas guru sebesar 83,33% dan pada siklus II meningkat menjadi 91,66%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 75,18% dan siklus II menjadi 91,66%. Keterampilan menulis pengumuman juga menunjukkan peningkatan. Pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 67,13 dan siklus II sebesar 79,52. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 61,9% dan siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 90,47%.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi guided writing dapat meningkatkan keterampilan menulis pengumuman, aktivitas siswa, dan Aktivitas guru. Oleh karena itu, hendaknya guru menggunakan strategi guided writing sebagai alternatif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa.