SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Hasil Belajar IPS tentang Kegiatan Jual Beli melalui Metode Course Review Horay di Kelas III SDK Petra Kabupaten Tulungagung

Raden Ajeng Martadina Lioni Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Raden Ajeng Martadina Lioni. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPS tentang Kegiatan Jual Beli melalui Metode Course Review Horay di Kelas III SDK Petra Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Murdiyah, M.Pd., (II) Suminah, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci : peningkatan, hasil belajar ips, metode course review horay

Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di kelas III SDK Petra Kabupaten Tulungagung menunjukkan beberapa masalah antara lain, (1) pembelajaran masih bersifat monoton karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan resitasi, (2) guru tidak menggunakan media, (3) siswa sulit berkonsentrasi dalam pembelajaran dan kurang terlibat dalam proses pembelajaran, dan (4) hasil belajar IPS rendah dengan nilai rata-rata di bawah KKM yakni 67,6 dan hanya 40,9% siswa yang tuntas. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penerapan metode Course Review Horay dan meningkatkan hasil belajar IPS tentang kegiatan jual beli di kelas III SDK Petra Kabupaten Tulungagung.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan evaluasi.

Hasil penelitian dengan menerapkan metode Course Review Horay dalam pembelajaran IPS dapat berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan. Pada siklus I, persentase nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 91,7% dengan kriteria sangat baik meningkat menjadi 95,9% pada siklus II. Selain itu, persentase nilai rata-rata aktivitas siswa juga meningkat, yang pada siklus I sebesar 93,3% meningkat menjadi 97,2% pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Sementara itu, nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa juga meningkat, yang pada tahap pratindakan hanya mencapai 67,6 dengan ketuntasan belajar klasikal 40,9% menjadi 79,5 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 72,7%. Nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa meningkat lagi pada siklus II yakni dengan nilai rata-rata sebesar 92,0 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 100%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Course Review Horay dalam pembelajaran IPS tentang kegiatan jual beli telah dilaksanakan dengan baik oleh guru maupun siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDK Petra Kabupaten Tulungagung. Oleh karena itu, disarankan bagi para guru yang mengajar IPS untuk menerapkan metode Course Review Horay agar hasil belajar siswa dapat meningkat.