SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Melalui Model Resource Based Learning pada Siswa Kelas V SDN 1 Gesikan Kabupaten Tulungagung

Frisela Ratna Yuparing

Abstrak


ABSTRAK

 

Yuparing, Frisela Ratna. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Melalui Model Resource Based Learning Pada Siswa Kelas V SDN 1 Gesikan Kabupaten Tulungagung. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Alif Mudiono, M. Pd, (2) Yuniawatika, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: keterampilan menulis, menulis puisi bebas, model Resource Based Learning

Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di kelas V SDN 1 Gesikan Kabupaten Tulungagung pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi puisi bebas menunjukkan bahwa (1) guru melakukan pembelajaran menulis puisi bebas secara konvensional dan class-centered, (2) guru meminta siswa untuk membuat puisi bebas tanpa sumber/media pendukung, (3) siswa kesulitan menggambarkan objek ke dalam kalimat puisi, (4) siswa kesulitan menentukan pilihan kata (diksi) dalam puisi bebas, (5) siswa belum mampu menampakkan gaya bahasa/majas yang tepat dalam puisi bebas, dan (6) hasil keterampilan menulis puisi bebas siswa rendah dengan nilai rata-rata dibawah KKM dan hanya 39% siswa tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan peningkatan hasil keterampilan menulis puisi bebas siswa melalui model Resource Based Learning.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksananakan dalam 2 siklus dengan tahapan (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan penerapan model Resource Based Learning dilaksanakan oleh guru pada siklus I mencapai 87,5% (ketegori baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 97,3% (kategori sangat baik), aktivitas siswa pada siklus I mencapai 83% (kategori baik) meningkat pada siklus II menjadi 90% (kategori sangat baik). Terjadi peningkatan keterampilan menulis puisi bebas dimana rata-rata nilai pada tahap pratindakan sebesar 64 dengan kentuntasan klasikal 36% (kategori sangat kurang), meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata 68,2 dan ketuntasan klasikal 41% (kategori sangat kurang) dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 79,5 dengan ketuntasan klasikal 82% (baik).

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Resource Based Learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi puisi bebas telah dilaksanakan oleh guru dan siswa dengan sangat baik dan dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas V SDN Gesikan 1 Kabupaten Tulungagung. Untuk itu diharapkan guru dapat menerapkan model Resource Based Learning untuk menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.