SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH RETURN ON EQUITY (ROE), EARNING PER SHARE (EPS), dan CURRENT RATIO (CR) TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Kasus Pada Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014)

Bayu Arianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Analisis fundamental mengkaitkan hubungan return saham dengan faktor kinerja keuangan perusahaan, analisis ini lebih cenderung digunakan untuk pengambilan keputusan investasi untuk mendapatkan keuntungan dari dividen yang dibagikan oleh perusahaan penerbit saham. Kinerja perusahaan yang baik dapat menawarkan return saham tinggi. Analisis rasio keuangan dapat digunakan untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan. Rasio keuangan seperti Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS) dan Current Ratio (CR) juga dapat memberikan manfaat bagi investor dalam membuat sebuah keputusan investasi.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanasi karena disesuaikan dengan rumusan hipotesis yang menduga bahwa Return on Equity, Earning per Share, dan Current ratio berpengaruh terhadap Return Saham. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang didapat dari data sekunder berupa rasio keuangan berupa rasio likuiditas, profitabilitas, dan rasio pasar yang didapat dari laporan keuangan tahunan perusahaan. Subjek dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2012-2014. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis secara parsial.

Hasil analisis menunjukkan bahwa Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) tidak berpengaruh secara parsial  terhadap return saham, Sedangkan Current Ratio (CR) mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap return saham. Dimana semakin tinggi rasio ini dapat menunjukkan bahwa semakin baiknya perusahaan dalam melakukan pengelolaan aktiva lancar yang dimiliki sehingga dapat meningkatkan return saham yang akan diterbitkan

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk penelitian selanjutnya agar  lebih selektif dalam memilih variabel bebas agar hasil penelitian bisa membuktikan hasil yang tepat antara teori dan praktek.

Kata Kunci: ROE, EPS, CR, dan Return Saham