SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENERAPAN SISTEM E-FILING DAN ACCOUNT REPRESENTATIVE (AR)TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA BATU

ajeng pratiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratiwi, Ajeng. 2016. Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing dan Account Representative terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Batu. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Ika Putri Larasati, S.E., Mcom (II) Sriyani Mentari, S.Pd., M.M.

 

Kata kunci: Sistem E-filing, Account Representative, Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi.

Sistem administrasi perpajakan merupakan langkah terciptanya administrasi perpajakan yang modern, efisien, dan dipercaya masyarakat dengan tujuan tercapainya tingkat kepatuhan sukarela, tercapainya tingkat kepercayaan terhadap administrasi perpajakan dan tercapainya produktivitas pegawai pajak yang tinggi. Perubahan tersebut perlu dirancang dan dilaksanakan secara menyeluruh dan komprehensif. Perubahan yang dilakukan antara lain penerapan sistem e-filing dan Account Representative (AR).  Kepatuhan wajib pajak dalam melaporkan SPT merupakan strategis dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Penerapan sistem e-filing memudahkan wajib pajak untuk melaporkan SPT secara online.  Berdasarkan fungsi Account Representative (AR) diharapkan wajib pajak patuh dalam melaporkan SPT. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bukti empiris apakah terdapat pengaruh penerapan sistem e-filing dan Account Representative terhadap kepatuhan wajib pajak.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Batu. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Covenience Sampling. Sumber data diperoleh melalui kuesioner dan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda menggunakan uji t, uji F, dan uji R² dengan bantuan SPSS 20 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem e-filing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi, sedangkan fungsi Account Representative berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dan secara silmutan penerapan sistem e-filing dan Account Representative berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Saran yang diajukan penelitian ini yaitu untuk penelitian selanjutnya hendaknya meneliti faktor lainnya yang dapat mempengaruhi kepatuhan, pihak DJP lebih meningkatkan fasilititas e-filing dalam melaporkan SPT, DJP lebih meningkatkan kinerja AR agar mewujudkan pelayanan yang prima, untuk wajib pajak dapat memanfaatkan fasilitas yang diberikan DJP seperti e-filing dan petugas Account Representative.