SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MENGELOLA PERALATAN KANTOR DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X APKDI SMK MUHAMMADIYAH 3 SINGOSARI

Taruna Indra Wibawa

Abstrak


ABSTRAK

 

Taruna, Indra. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Mengelola Peralatan Kantor Dengan Menggunakan Macromedia Flash 8 Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X APK di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi Program S1 Pendidikan Admininstrasi Perkantoran,Jurusan Menejemen, Fakultas Ekonomi,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mohammad Arief,M.si, (II) Dr. Agus Hermawan, M.Si., M.Bus.

 

Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Motivasi, Hasil Belajar

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di seluruh penjuru dunia  semakin cepat. Perkembangan tersebut dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan, termasuk inovasi dalam pengembangan media pembelajaran berbasis Flash 8 sebagai sarana untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Salah satu materi yang diajarkan di SMK kelas X adalah Mengelola Peralatan Kantor. Melalui media pembelajaran yang dikembangkan diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi Mengelola Peralatan Kantor. Pengembangan media ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk media pembelajaran berbasis Flash dan rancangan pembelajaran untuk materi Mengelola Peralatan Kantor, (2) memperbaiki tingkat Motivasi dan hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Flash 8.

Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Research and Development yang dikembangkan Sugiyono, melalui tahap-tahap: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi masal. Validasi media dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba media diujikan kepada siswa SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Rancangan penelitian menggunakan kelas X APK untuk mengetahui adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa.

Hasil pengembangan adalah media pembelajaran, yang terdiri dari enam menu, yaitu : (1) Menu intro atau menu home, (2) Menu Petunjuk, (3) Menu Materi, (4) Menu Latihan , (5) Menu profil, dan (6) Menu Exit.

Hasil validasi dapat disimpulkan ahli media bahwa media pembelajaran telah valid dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas dengan persentase rata-rata sebesar  92,64%. Hasil validasi materi pada pengembangan media pembelajaran menunjukkan persentase rata-rata sebesar 90,7%. Hasil validasi media pembelajaran pada siswa kelas X APK 3 menunjukkan persentase rata-rata sebesar 90,6 %. Perbedaan hasil belajar ini ditunjukkan oleh hasil perhitungan distribusi frekuensi data tunggal yang menunjukkan rata-rata nilai PreTest sebesar 72,5 sedangkan rata-rata nilai PostTest sebesar 82,9. Media pembelajaran juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 76 % . Revisi media antara lain:  video dan font pada slide materi diperbesar supaya mempermudah siswa dalam membaca materi.