SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS DAMPAK AKUISISI TERHADAP ECONOMIC VALUE ADDED (EVA), MARKET VALUE ADDED (MVA) DAN EARNING PER SHARE (EPS) PADA PERUSAHAAN JASA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2011-2015

Nur Fajriyatul Hikmah

Abstrak


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan economic value added, market value added dan earning per share sebelum dan setelah akuisisi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang  menggunakan data sekunder. Populasi penelitian ini adalah 309 perusahaan jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2015. Pemilihan sampel menggunakan teknik puposive sampling dan diperoleh 32 aktivitas perusahaan yang melakukan akuisisi pada tahun 2011-2015 dengan kriteria yaitu terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan tercatat di Komisi Pengawasan Persaingan Usaha serta memiliki informasi akuisisi dan laporan keuangan yang jelas. Metode analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test karena data penelitian ini merupakan non parametrik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa economic value added dan market value added tidak memiliki perbedaan signifikan sebelum akuisisi dan setelah akuisisi dan earning per share memiliki perbedaan negatif signifikan sebelum akuisisi dan setelah akuisisi. Keterbatasan penelitian ini yaitu perhitungan dari EVA yang memerlukan estimasi dan juga kurang tepatnya pemilihan metode dalam WACC yang bisa menimbulkan kesalahan perhitungan yang pada akhirnya mengurangi nilai manfaat dari EVA. Selain itu perhitungan dalam  MVA dengan jangka pendek yaitu per triwulan yang seharusnya merupakan jangka panjang. Saran untuk penelitian ini yaitu agar lebih akurat penelitian selanjutnya bisa menggabungkannya dengan alat analisis lain dan memperhatikan faktor-faktor lain yang mendukung baik dari dalam maupun luar perusahaan serta faktor non-ekonomis. Bagi perusahaan perlu memperhatikan beberapa strategi, transaksi dan implementasi agar akuisisi memberikan return yang sesuai dan bagi investor lebih berhati-hati dan melakukan analisis lebih lanjut atas informasi mengenai akuisisi agar mendapatkan hasil investasi yang menguntungkan.