SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X KU 1 PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMKN 2 NGANJUK

YOHAN BAKHTIAR

Abstrak


ABSTRAK

Bakhtiar, Yohan. 2010. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Metode Team Accelerated Instruction (TAI) Pada Mata Pelajaran Akuntansi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X KU 1 Program Keahlian Akuntansi Di SMKN 2 Nganjuk. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Triadi Agung Sudarto, S.E., M.Si., Ak., (II) Makaryanawati, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Metode Team Accelerated Instruction

 (TAI), Motivasi, Hasil Belajar.

Kemajuan perkembangan dunia pendidikan harus diikuti dengan penerapan yang sesuai dengan kebutuhan terutama terkait dengan metode pembelajaran. Pemilihan metode pembelajaran sebagai variasi dalam pengajaran sangat berpengaruh terhadap hasil pembelajaran dimana pemilihan metode yang tepat akan dapat meningkatkan kualitas pengajaran setiap mata pelajaran khususnya akuntansi. Berdasarkan hasil observasi, metode pembelajaran yang diterapkan di SMKN 2 Nganjuk selama ini adalah metode konvensional melalui ceramah dan tanya jawab. Dengan metode seperti itu dapat menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang mandiri dalam belajar. Oleh karena itu perlu adanya sebuah pembaharuan pembelajaran untuk mengubah paradigma tersebut yaitu penerapan pembelajaran kooperatif metode Team Accelerated Instruction (TAI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tidakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif.  Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi.  Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X KU I Program Keahlian Akuntansi di SMKN 2 Nganjuk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis yang dilaksanakan pada akhir setiap siklus, pedoman wawancara, catatan lapangan, lembar observasi, angket motivasi siswa, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata skor untuk motivasi belajar intrinsik siswa pada siklus I mencapai nilai 3,17 dan dinyatakan dalam taraf keberhasilan baik, sedangkan untuk motivasi belajar ekstrinsik siswa mencapai nilai 3,00 dan dinyatakan juga dalam taraf keberhasilan baik. Pada siklus II motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu untuk motivasi intrinsik mencapai nilai 3,22 dan dinyatakan dalam taraf keberhasilan baik, sedangkan untuk motivasi belajar ekstrinsik siswa mencapai nilai 3,10 dan dinyatakan juga dalam taraf keberhasilan baik. Walaupun peningkatannya kurang signifikan, akan tetapi disini tetap terjadi peningkatan yang berarti bahwa peserta didik mengalami peningkatan motivasi belajar secara keseluruhan. Analisis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pada siklus I jumlah siswa kelas X KU I yang dinyatakan tuntas belajar sebesar 75% dan 25% dinyatakan belum tuntas belajar. Pada siklus II tingkat ketuntasan belajar siswa kelas X KU I meningkat sebesar 88,24% siswa dinyatakan tuntas belajar dan 11,76% dinyatakan belum tuntas belajar.

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan (1) Bagi guru sebaiknya menerapkan pembelajaran kooperatif metode Team Accelerated Instruction (TAI) sebagai alternatif pembelajaran di kelas pada mata pelajaran Akuntansi khususnya pokok bahasan memproses entre jurnal, (2) Untuk mengembangkan pembelajaran kooperatif metode Team Accelerated Instruction (TAI) yaitu dengan memberikan tambahan media pembelajaran maupun pengembangan skenario pembelajaran sangat dianjurkan agar pembelajaran semakin inovatif dan kreatif. (3) Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya melakukan penelitian mengenai penerapan pembelajaran kooperatif metode Team Accelerated Instruction (TAI) baik di kelas maupun di sekolah lain agar hasil penelitian lebih representatif dan valid