SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI THINK PAIR AND SHARETERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KADEMANGAN

Dita Rosalina Andriani

Abstrak


ABSTRAK

 

Rosalina Andriani, Dita. 2016. Pengaruh Penerapan Strategi Think Pair and ShareTerhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMANegeri 1 Kademangan. Skripsi, Prodi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi,Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Sriyani Mentari,S.Pd, M.M. Pembimbing (2)Ika Putri Larasati, SE, M.Com

 

Kata Kunci; Strategi Think Pair and Share, Aktivitas Belajar.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terlalu dominannya peran guru didalamkelas sehingga membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Hal tersebutmembuat tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai secara optimal. Dampaknya,pemahaman siswa terhadap materi sangatlah kurang yang ditunjukkan denganaktivitas belajar yang kurang. Melihat masalah tersebut guru dituntut untuk mampumenciptakan dan menerapkan strategi pembelajaran yang membantu siswamengkongkretkan materi yang abstrak, serta membuat siswa berpartisipasi aktif didalam proses pembelajaran guna meningkatkan aktivitas belajar. Salah satu strategipembelajaran yang dapat digunakan adalah media strategi pembelajaran Think Pairand Share. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategipembelajaran Think Pair and Share terhadap aktivitas belajar siswa.

Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dalam bentukPre-Experimental Semu (nodesigns). Populasi penelitian ini adalah peserta didikkelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kademangan tahun ajaran 2015/2016. Teknikpengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pada SMA Negeri 1Kademangan Sampel terpilih kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang diberikanperlakuan strategi pembelajaran Think Pair and Share, sedangkan kelas XI IPS 2diberikan perlakuan model pembelajaran konvensional, Teknik analisis datamenggunakan uji-t menggunakan independent-sample T-test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Think Pair andShare berpengaruh terhadap aktivitas belajar peserta didik Hal ini dibuktikan denganhasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol dan nilai sign hasilbelajar sebesar 0,000 < 0,05, dan didukung dengan hasil kuesioner yangmenunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Think Pair and Sharemembantu siswa dalam memahami materi dan membuat siswa aktif dalampembelajaran.