SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Efektivitas Penerimaan, Pertumbuhan, Potensi, Dan Kontribusi Pajak Hotel, Pajak Restoran, Dan Pajak Bumi Dan Bangunan (Pbb) Sebagai Sumber Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bojonegoro Tahun 2011-2015

Adhi Wira Yudha Pratama

Abstrak


ABSTRAK

 

Kunci keberhasilan era otonomi daerah yang secara resmi mulai diberlakukan di Indonesia sejak1 Januari 2001 menghendaki daerah untuk berkreasi mencari sumber penerimaan yang dapat membiayai pengeluaran pemerintah dalam rangka menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan. Undang-Undang  Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-Undang Nomor 33 tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah menetapkan bahwa penerimaan daerah dalam pelaksanaan desentralisasi terdiri dari pajak daerah dan retribusi daerah sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari daerah itu sendiri dan dapat dikembangkan sesuai dengan kondisi masing-masing daerah.Pajak Hotel, Pajak Restoran, dan Pajak Bumi dan Bangunan-Pedesaan dan Perkotaan merupakan sumber penerimaan asli daerah mempunyai pengaruh sangat penting dalam menggali sumber pendapatan kabupaten Bojonegoro yang berupa pajak daerah kota/kabupaten yang didalamnya terdapat  pungutan yang mempunyai penerimaan cukup besar.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerimaan, pertumbuhan, potensi, dan kontribusipajak hotel, pajak restoran, dan pajak bumi dan bangunan (pbb) sebagai sumber pendapatan asli daerah kabupaten Bojonegoro tahun 2011-2015. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan bentuk penelitian adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan data premier studi wawancara dan data sekunder.

Dari hasil penelitian Laju pertumbuhan pajak hotel, pajak restoran, dan pajak bumi dan bangunan (pbb) di Kab. Bojonegoro mengalami fluktuasi. pada tahun 2013, pertumbuhannya sangat tinggi karena adanya pembangunan sektor migas dan pariwisata mengakibatkan semakin tingginya pertumbuhan penerimaan. potensi penerimaan pajak hotel, pajak restoran, dan pajak bumi dan bangunan (pbb) di Kab. Bojonegoro  pada tahun 2012 mengalami penurun yang tidak terlalu signifikan, pada tahun 2013-2015 selalu meningkat secara signifikan. Hal ini karena semakin berkembangnya jumlah hotel, jumlah restoran, dan pembangunan sarana dan prasaran di Kab. Bojonegoro.

Efektivitas penerimaan pajak hotel, pajak restoran, dan pajak bumi dan bangunan (pbb) di Kab. Bojonegoro tahun 2011-2015 berada pada kriteria sangat efektif. Walaupun pada tahun pada tahun 2013 efektivitasnya menurun namun masih pada kategori sangat efektif.Penerimaan pajak hotel, pajak restoran, dan pajak bumi dan bangunan (pbb) dinilai kurang memberikan kontribusi. Hal ini karena terdapat pungutan pajak daerah lain yang lebih memberikan kontribusi lebih besar antara lain pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan. Dinas Pendapatan Kab. Bojonegoro selalu berupaya untuk meningkatkan Pendapatan dengan memberikan pendidikan pajak secara rutin kepada masyarakat untuk selalu giat membayar pajak dan secara jujur untuk menghitung, menyetor, dan melaporkan sendiri besarnya pajak yang terutang.