SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi Siswa tentang Efikasi Diri terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri I Turen

Dwi Susiani

Abstrak


ABSTRAK

 

Susiani, Dwi. 2009. Persepsi Siswa tentang Efikasi Diri terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri I Turen. Skripsi, Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Yuli Widi Astuti, SE, M.Si, Ak (2) Sawitri Dwi Prastiti, SE, M.Si, Ak

.

Kata kunci: Efikasi Diri, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar Siswa.

 

Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar antara lain: perhatian, minat, kematangan/pertumbuhan, latihan/ujian, motivasi belajar, sifat kepribadian seseorang, keadaan keluarga, teknik belajar, lingkungan dan kesempatan. Dan satu lagi faktor yang penting dalam meningkatkan motivasi berprestasi seorang siswa adalah efikasi diri. Efikasi diri mengacu pada keyakinan akan kemampuan individu untuk menggerakkan motivasi, kemampuan kognitif, serta tindakan yang diperlukan untuk memenuhi tuntutan situasi. Keyakinan individu mengenai kemampuan berperan sebagai perangkat faktor penentu individu dalam berperilaku, cara berpikir, reaksi emosional dalam mengatasi suatu masalah tertentu.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besarnya pengaruh secara langsung persepsi siswa tentang efikasi diri terhadap motivasi belajar siswa, dan untuk mengetahui besarnya pengaruh secara tidak langsung persepsi siswa tentang efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar di SMK Negeri I Turen. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian Eksplanasi (Explanatory Research). Populasi dalam  rencana penelitian ini adalah meliputi seluruh siswa jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Turen. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purpossive sampling, sampel seluruhnya berjumlah dua kelas yaitu 80 siswa.

Hasil penelitian

93

  menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh langsung antara persepsi siswa tentang efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri I Turen. (2) Terdapat  pengaruh  tidak   langsung  antara persepsi siswa tentang efikasi diri terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri I Turen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan 1) bagi orang tua meningkatkan perhatiannya terhadap perkembangan anak yang terpenting adalah memberikan dorongan spiritual sebagai motivasi yang kuat; 2) peran pihak sekolah yaitu untuk memberikan perhatian terhadap tingkah laku siswa di sekolah agar ada keinginan siswa untuk lebih meningkatkan belajar yang; 3) siswa sebaiknya lebih perhatian terhadap lingkungan sekitar yang memacu siswa untuk belajar.