SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Minat Profesi Guru, Sikap Keguruan, dan Dorongan Orang Tua terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi

Eunike Rhema Yohanna

Abstrak


ABSTRAK

 

Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting untuk menunjang berdirinya suatu bangsa dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional yaitu memperbaiki mutu pendidikan. Seiring dengan adanya perkembangan kebudayaan manusia, maka tuntutan pendidikan yang terselenggara harus menjadi lebih baik, teratur, dan didasarkan atas perencanaan yang matang untuk peningkatan kualitas pendidikan. Dalam usaha peningkatan kualitas pendidikan, salah satu kunci keberhasilan adalah mempersiapkan dan menciptakan guru-guru yang profesional. Guru yang berkompeten profesional akan lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan mampu mengelola proses kegiatan belajar mengajar. Guru akan melaksanakan tanggung jawab apabila guru memiliki kompetensi yang diperlukan. Dengan dikeluarkannya kebijakan pemerintah yang tertuang dalam Undang-Undang Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005 Bab IV Pasal 10 terdapat empat kompetensi yang harus dikuasai oleh seorang tenaga pendidik yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Jika ini benar-benar terwujud, maka diharapkan dapat memotivasi mahasiswa calon guru untuk memiliki kesiapan mengajar yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat profesi guru, sikap keguruan, dan dorongan orang tua terhadap kesiapan mengajar mahasiswa.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanasi. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa prodi Pendidikan Akuntansi angkatan tahun 2013 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang sejumlah 159 mahasiswa. Variabel dalam penelitian ini adalah minat profesi guru (X1), sikap keguruan (X2), dorongan orang tua (X3), dan kesiapan mengajar mahasiswa (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa prodi Pendidikan Akuntansi angkatan tahun 2013 mempunyai minat profesi guru yang cukup baik yang ditunjukan dengan skor rata-rata (mean) sebesar 61,60. Sikap keguruan mempunyai kualifikasi yang cukup baik yang ditunjukan dengan skor rata-rata (mean) 51,39. Dorongan orang tua mempunyai kualifikasi yang cukup baik yang ditunjukan dengan skor rata-rata (mean) 47,18. Kesiapan mengajar mahasiswa prodi Pendidikan Akuntansi memiliki kualifikasi yang cukup baik pula ditunjukan dengan skor rata-rata (mean) 79,08. Adanya pengaruh minat profesi guru terhadap kesiapan mengajar mahasiswa ditunjukan dari nilai nilai thitung  3,249 > ttabel 2,002 dan juga signifikan 0,002 < 0,05, nilai koefesien regresi sebesar 0,430 dan besarnya pengaruh dapat dilihat dari nilai R2 sebesar 15,52%. Adanya pengaruh sikap keguruan terhadap kesiapan mengajar mahasiswa ditunjukan dari nilai nilai thitung  5,046 > ttabel 2,002 dan juga signifikan 0,000 < 0,05, nilai koefesien regresi sebesar 0,438 dan besarnya pengaruh dapat dilihat dari nilai R2 sebesar 33,39%. Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa Adanya pengaruh dorongan orang tua terhadap kesiapan mengajar mahasiswa ditunjukan dari nilai nilai thitung  3,994 > ttabel 2,002 dan juga signifikan 0,000 < 0,05, nilai koefesien regresi sebesar 0,424 dan besarnya pengaruh dapat dilihat dari nilai R2 sebesar 24,11%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa minat profesi guru, sikap keguruan, dan dorongan orang tua berpengaruh positif signifikan terhadap kesiapan mengjar mahasiswa.

Kata kunci: Minat Profesi Guru, Sikap Keguruan, Dorongan Orang Tua, Kesiapan Mengajar.