SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA (STUDI DI SMK NEGERI 1 TUREN, SMK CENDIKA BANGSA KEPANJEN DAN SMK MUHAMMADIYAH 5 KEPANJEN)

juwita retno dwi purwanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman praktik kerja industri dan prestasi belajar siswa terhadap kesiapan kerja siswa (Studi di SMK Negeri 1 Turen, SMK Cendika Bangsa Kepanjen dan SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Penelitian ini tergolong dalam penelitian explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Turen, SMK Cendika Bangsa Kepanjen dan SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen sejumlah 159 siswa dan dengan teknik proportional random sampling digunakan sampel sebanyak 114 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur pengalaman praktik kerja industri dan kesiapan kerja siswa, sedangkan dokumentasi untuk mengambil data prestasi belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji f, uji t dan koefisien determinasi dengan bantuan program IBM SPSS Statistic 21.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif signifikan pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa. (2) Terdapat pengaruh positif signifikan prestasi belajar siswa terhadap kesiapan kerja siswa. (3) Terdapat perbedaan siggnifikan antara SMK negeri dan SMK swasta.