SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Partisipasi Anggaran, Asimetri Informasi, dan Job Insecurity Terhadap Budgetary Slack pada Satuan Kerja Perangkat Daerah

Mukhammad Nurul Huda

Abstrak


Penganggaran merupakan elemen penting dalam sistem perencanaan dan pengendalian manajemen (Hansen dan Mowen, 2013:423). Oleh karena itu, saat penganggaran diharapkan tidak terjadi perilaku disfungsional oleh penyusun anggaran yang akan mempengaruhi isi anggaran (budgetary slack). Penjelasan tersebut sesuai dengan teori agensi yang dikemukakan oleh Jensen dan Meckling (1976:5), yang menjelaskan mengenai suatu kontrak antara prinsipal dengan agen, dengan cara prinsipal mendelegasikan wewenang kepada agen. Hal itu akan membuat agen mendapat kesempatan untuk memaksimalkan utilitas sendiri saat menyusun anggaran dengan melakukan budgetary slack. Selain itu, pada objek penelitian ini pernah terjadi fenomena budgetary slack yang dialami oleh beberapa dinas di kabupaten Mojokerto. Berdasarkan hal di atas, peneliti melakukan penelitian mengenai budgetary slack di SKPD kabupaten Mojokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran, asimetri informasi, dan job insecurity terhadap budgetary slack pada SKPD kabupaten Mojokerto.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan metode kuisioner. Populasi penelitian ini yaitu penyusun anggaran di SKPD kabupaten Mojokerto dengan teknik sampel menggunakan proportional random sampling. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Uji analisis data menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas dan multikolinieritas, analisis regresi linier berganda, uji parsial-t, dan koefisien determinasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi anggaran dan asimetri informasi berpengaruh positif terhadap budgetary slack. Sedangkan, variabel job insecurity tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap budgetary slack yang disebabkan karena faktor ancaman kehilangan pekerjaan yang rendah, dan source of threat yang rendah, sehingga diduga memperkecil pengaruh job insecurity terhadap budgetary slack. Berdasarkan temuan tersebut, saran peneliti yaitu: (1) Partisipasi penyusunan anggaran disarankan untuk meningkatkan kualitas sistem pengendalian dalam proses penyusunan anggaran. (2) RKP dan RKA diperlukan pendefinisian program yang lebih detil dan terperinci, sehingga informasi dapat dipahami dengan jelas. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk (1) Menambah variabel independen (2) Menggunakan metode kualitatif, dan (3) Melakukan penelitian pada objek yang berbeda.