SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Tentang Pembelajaran Pengenalan Air Pada Renang untuk Siswa Pemula di Perkumpulan Renang CLASS Malang

Eka Agus Setyawarti

Abstrak


ABSTRAK

 

Setyawarti, Eka Agus. 2009. Studi Tentang Pembelajaran Pengenalan Air Pada Renang untuk Siswa Pemula di Perkumpulan Renang CLASS Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Agus Gatot S, M. Kes, (II) Dr. Slamet Raharjo, M. Or.

 

Kata kunci: Pembelajaran Renang, Pengenalan Air, Siswa Pemula

 

Proses pembelajaran yang baik dilakukan secara intensif, konsisten dan kontinyu, serta tidak menimbulkan rasa jenuh pada siswa. Maka seorang pelatih harus pandai memilih dan memberikan pembelajaran yang sesuai dengan siswa yang bertujuan untuk peningkatan penguasaan teknik dalam suatu materi renang yang akan dilatihkan.. “Salah satu bentuk permainan yang akan membantu mengembangkan gerak dasar renang dan nilai-nilai pengiring lainnya dan dikembangkan” (Sukintaka, 1983:69). Adanya perasaan takut tenggelam yang menyebabkan rasa tidak percaya diri pada siswa terhadap pelatihnya. Walaupun hanya berupa pengenalan air, tetapi tidak semua siswa mempunyai keinginan untuk turun ke kolam renang dikarenakan beberapa hal, misalnya variasi latihan yang monoton sehingga penggunaan waktu latihan kurang efesien.

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran pengenalan air pada renang untuk siswa pemula di Perkumpulan Renang CLASS Malang. Tujuan penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, karena isinya menggambarkan secara obyektif tentang pembelajaran pengenalan air. Jenis data bersifat kuantitatif, yaitu hasil penelitian ini berupa angka-angka yang menggambarkan tingkat keseringan. Penelitian ini dilaksanakan di Perkumpulan Renang CLASS Malang, dengan jumlah reponden sebanyak 59 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa angket,. Untuk menarik kesimpulan penelitian, maka data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis persentase.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui sebanyak 75% siswa tidak dapat melakukan pembelajaran pengenalan air dengan baik, siswa sulit menerima materi renang dikarenakan adanya bayangan rasa takut tenggelam dibenak mereka. Dengan diketahuinya hasil penelitian ini, maka penulis menyarankan kepada pelatih untuk lebih meningkatkan pembelajaran pengenalan air, terutama terkait dengan bentuk variasi-variasi pada pengenalan air yang menyenangkan, sehingga siswa tidak takut lagi untuk belajar renang lebih lanjut.