SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Laba pada Perusahaan Perbankan yang Listing di BEI Tahun 2005-2007

ATIKA VIOLETA HANUM

Abstrak


ABSTRAK
Hanum, Atika Violeta. 2010. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Laba pada Perusahaan Perbankan yang Listing di BEI Tahun 2005-2007. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Makaryanawati, S.E.Ak, M.Si. (II) Sawitri Dwi Prastiti, M.Si., S.E.,Ak.
Kata Kunci: Rasio Keuangan, Perubahan Laba
Perubahan laba pada perusahaan perbankan merupakan salah satu kinerja
perusahaan yang menjadi pusat perhatian para investor. Para investor dalam menilai perusahaan tidak hanya melihat laba yang dihasilkan dalam satu periode melainkan terus memantau perubahan laba dari tahun ke tahun. Salah satu cara memprediksi perubahan laba adalah dengan menggunakan analisis rasio keuangan diantaranya adalah CAR, ROA, ROE, BOPO, LDR. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh rasio keuangan (CAR, ROA, ROE, BOPO, LDR) terhadap perubahan laba pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI secara parsial.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI periode 2005-2007. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 17 yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan secara parsial CAR, ROA, ROE, LDR berpengaruh positif signifikan terhadap perubahan laba masing-masing sebesar (0,023; 0,038; 0,003; 0,000). Sedangkan BOPO berpengaruh negatif signifikan terhadap perubahan laba, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,026. Saran yang dapat diberikan penulis dalam penelitian ini adalah: (1) untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan rasio keuangan lain dalam mengukur kinerja keuangan perbankan, menambah periode observasi, dan menambah sampel penelitian, misalnya untuk semua perusahaan perbankan yang go public di BEI. (2) Perusahaan harus selalu menjaga kinerja keuangan yang
terdiri dari CAR, ROA, ROE, BOPO, LDR, karena rasio tersebut digunakan oleh investor sebagai bahan pertimbangan sebelum berinvestasi.
i

Teks Penuh: PDF