SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh efektivitas komite audit terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan

muhammad fathurohim masyhudi

Abstrak


ABSTRAK

Masyhudi, Muhammad Fathurohim. 2017. Pengaruh Efektivitas Komite Audit Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan. Skripisi, Program Studi Akuntansi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Dr. Eka Ananta Sidharta, S.E., M.M. C.A.

Kata kunci: Efektivitas komite audit, keahlian komite audit, piagam komite audit, ukuran komite audit, pertemuan komite audit, ketepatan waktu.

Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh efektivitas komite audit terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan pada perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015. Indeks DeZoort membagi efektivitas komite audit mejadi 4 elemen yaitu: komposisi, otoritas, sumber daya, dan kerajinan. Elemen tersebut diteliti satu per satu yaitu keahlian komite audit,piagam komite audit, ukuran komite audit, dan pertemuan komite audit. 

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015. Sampel yang didapat sebanyak 100 perusahaan yang memiliki kelengkapan data yang dibutuhkan dengan menggunakan purposive sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu audited annual report pada perusahaan non keuangan tahun 2015 dan berisi tanggal publikasi laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keahlian komite audit dan piagam komite audit secara partial tidak berpengaruh terhadapa ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan sedangkan ukuran komite audit, dan pertemuan komite audit berpengaruh negatif signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Akan tetapi secara simultan ke empat variabel independen dalam penelitian ini berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan.