SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pengaruh Volume Perdagangan Saham, Frekuensi Perdagangan Saham dan Market Capitalization terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Listed di BEI Periode 2012-2014.

Sion Suprayogi

Abstrak


ABSTRAK

 

Suprayogi, Sion. 2016. Analisis Pengaruh Volume Perdagangan Saham, FrekuensiPerdagangan Saham dan Market Capitalization terhadap Return Sahampada Perusahaan Manufaktur yang Listed di BEI Periode 2012-2014.Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Bety Nur Achadiyah, S.Pd., M.Sc; (II) Ika Putri Larasati,S.E., M.Com.

Kata kunci: volume perdagangan saham, frekuensi perdagangan saham, marketcapitalization, return saham

Kondisi perekonomian saat ini telah mengalami perkembangan dankemajuan yang pesat. Kemajuan perekonomian suatu Negara dapat ditandaidengan aktifitas perkembangan pasar modal yang berjalan dengan baik, sehinggaBursa Efek Indonesia memiliki peran yang cukup penting dalam perkembanganperekonomian. Dalam melakukan investasi saham, return saham merupakanmotivasi utama investor dalam melakukan investasi. Return saham adalah tingkatkeuntungan yang diperoleh atas investasi saham yang dilakukan, sehinggainvestor memerlukan kemampuan pemahaman yang memadai untuk dapatmengelola dan melakukan analisis terhadap informasi yang ada untukmemprediksi tingkat return investasi saham. Informasi yang dapat digunakan olehinvestor adalah dengan menganalisis informasi teknikal yang tersedia di BursaEfek Indonesia untuk memprediksi potensi return yang akan diperoleh. Analisisteknikal yang dilakukan adalah dengan mengamati pergerakan volumeperdagangan saham, frekuensi perdagangan saham dan tingkat marketcapitalization.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh volumeperdagangan saham, frekuensi perdagangan saham dan market capitalizationterhadap retrun saham perusahaan manufaktur. Penelitian ini menggunakan datasekunder dan teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlahsampel yang diperoleh sebanyak 34 perusahaan manufaktur yang listed di BEIperiode 2012-2014. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian iniadalah analisis regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh tiga simpulan hasilpenelitian sebagai berikut. Pertama, hasil penelitian menunjukkan bahwa variabelvolume perdagangan saham memiliki pengaruh yang positif dan signifikanterhadap return saham. Kedua, hasil penelitian menunjukkan bahwa variabelfrekuensi perdagangan saham memiliki pengaruh positif namun tidak signifikanterhadap return saham. Ketiga, hasil penelitian menunjukkan bahwa marketcapitalization memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap returnsaham.