SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Intellectual Capital terhadap Profitabilitas, Nilai Pasar, Pertumbuhan, Actual Return (Studi pada Perusahaan Perbankan yang Listing di BEI Tahun 2012-2014)

Henny Rakhmawati

Abstrak


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 60 bank konvensional. Analsisi korelasi kanonikal digunakan sebagai model oleh peneliti untuk menguji beberapa variabel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Intellectual capital berpengaruh positif signifikan terhadap ROA. (2) Intellectual capitalberpengaruh positif signifikan terhadap PBV. (3) Intellectual capital berpengaruh positif signifikanterhadap EG. (4) Intellectual capital berpengaruh positif signifikan terhadap actual return.

 

Saran untuk penelitian selanjutnya dengan menggunaan metode pengukuran intellectual capital lainnya seperti balance scorecard yang mampu menilai intellectual capital secara implisit dan non-finansial. Penggunaan sektor lain yang memiliki high-intensive intellectual capital maupun low-intensive intelellectual capital dan menambah periode penelitian yang lebih panjang sehingga menggambarkan kondisi keseluruhan intellectual capital pada perusahaan di BEI