SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kualitas Laba, Good Corporate Governance dan Risiko Litigasi terhadap Efisiensi Investasi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Indonesia Institute for Corporate Governace (IICG) Tahun 2012-2014

Hafid Krisna Wijaya

Abstrak


Kegiatan investasi merupakan salah satu aktivitas operasional perusahaan. Manajer memegang kendali dalam melakukan keputusan investasi. Keputusan investasi yang tepat membuat perusahaan mencapai efisiensi investasi. Efisiensi investasi adalah tingginya tingkat peluang pertumbuhan perusahaan di masa mendatang. Perusahaan yang mampu mencapai efisiensi investasi mengindikasikan perusahaan tersebut akan tumbuh dan berkembang di masa mendatang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas laba, Good Corporate Governancedan risiko litigasi terhadap efisiensi investasi pada perusahaan yang terdaftar di Indonesia Institute For Corporate Governance. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanatif atau explanatory research. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah agency theory. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak sepuluh perusahaan selama periode 2012-2014. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas laba berpengaruh positif terhadap efisiensi investasi. Risiko litigasi berpengaruh negatif terhadap efisiensi investasi. Namun,Good Corporate Governancetidak berpengaruh terhadap efisiensi investasi. Berdasarkan Adjusted R Square sebesar 44.6%, variabel efisiensi investasi dapat dijelaskan oleh kualitas laba, Good Corporate Governance dan risiko litigasi dan sisanya sebesar 55.6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian selanjutnya yaitu mengembangkan sampel penelitian pada sektor-sektor perusahaan yang terdaftar di BEI agar hasilnya dapat digeneralisasi kepada seluruh perusahaan dan menggunakan pengukuran Good Corporate Governance yang lain.