SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Studi Fenomenologi University Social Responsibility (USR) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Muchammad Fachri Maulana

Abstrak


Permasalahan lingkungan telah  dimulai pada tahun 1990, karena kurangnya kepedulian indutsri terhadap lingkungan sekitar. Kerusakan lingkungan yang terjadi di sekitar industry menjadikan permasalahan yang besar dan mengakibatkan kerusakan lingkungan yang meluas. Penerpan Green Accounting di Indonesia mulai berkembang, dengan berbasis pada Corporate Social Responsibility (CSR). Masyarkat luas selalu memperdepatkan tentang CSR yang harus dilakukan oleh perusahaan, seakan-akan hanya perusahaan yang harus melakukan bentuk kepedulian lingkungan. Prof. Ruben Cabral menjelaskan bahwa universitar memiliki posisi sebagai pondasi pendidikan dan pola pikir manusia terhadap kehidupan bersosial, serta bertujuan untuk membentuk kepribadian seseorang, dan seharusnya kegiatan kepedulian lingkungan mulai dilakukan didalam universitas dalam bentuk USR.

Penelitian ini berfokus untuk mengetahui bagaimana stakeholder fakultas ekonomi memahami USR, serta melihat bagaimana implementasi penerapan USR didalam fakultas ekonomi universitas negeri malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi sebagai analisis data yang didapat untuk mengetahui makna dari setiap fenomena yang muncul.

Sebagian besar stakeholder fakultas ekonomi memaknai bahwa kegiatan USR merupakan kegiatan yang menyerupai CSR dalam industry, akan tetapi USR adalah kegiatan yang dilakukan oleh universitas untuk melakukan bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan. Serta kegiatan USR yang telah dilakukan fakultas ekonomi dalam bentuk partisipasi CFD, bakti sosial, serta kegiatan sosial lainnya yang telah dilakukan oleh pihak BEM.