SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Umur Perusahaan, Opini Audit dan Ukuran Perusahaan Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI tahun 2012-2015 )

Muhammad Iqbal

Abstrak


ABSTRAK

 

Iqbal, Muhammad . 2017. Pengaruh Umur Perusahaan, Opini Audit dan Ukuran Perusahaan Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI tahun 2012-2015 ).

 

Kata kunci :Ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, umur perusahaan, opini audit danukuran perusahaan.

                   

Laporan keuangan merupakan sarana informasi penting bagi para investor maupun kreditor dalam pengambilan keputusan, oleh karena itu laporan keuangan harus disajikan tepat waktu. Tetapi kenyataannya sekitar 200 perusahaan yang telat dalam  menyampaikan laporan keuangan.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan perusahaan publik di Indonesia. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah umur perusahaan, opini auditor dan ukuran perusahaan sebagai variabel independen sedangkan ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan sebagai variabel dependen.

Sampel penelitian ini terdiri dari 100 perusahaan yang terdaftar dalamBursa Efek Indonesia (BEI) dan menyampaikan laporan keuangan ke Bapepam dalam periode tahun 2012-2015. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan pemilihan sampel dengan menggunakan metode purposive Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik pada tingkat signifikansi 5%.

Hasil yang diperoleh dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa secara parsial menunjukkan bahwaUMUR, OPINI dan UKURAN perusahaan tidak memiliki pengaruh secara signifikan.Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa variable umur perusahaan, opini auditor dan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan.