SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK PGRI 6 MALANG

Amila Dwi Rahma

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahma, Amila Dwi. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X AK SMK PGRI 6 Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Suparti, M.P (II) Eka Ananta Sidharta, S.E.,M.M.Ak.

 

Kata Kunci: model pembelajaran inkuiri, lesson study, hasil belajar, akuntansi

 

Hasil belajar merupakan bagian terpenting dalam pembelajaran. Pada hakikatnya hasil belajar sebagai salah satu indikator pencapaian tujuan pembelajaran. Hasil belajar pada  penelitian ini mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dari hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti baik itu dari catatan lapangan maupun wawancara dengan guru akuntansi, ditemukan bahwa hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK PGRI 6 Malang masih rendah. Hal ini didasarkan pada hasil observasi sebelum penelitian dilakukan dimana diketahui 60% hasil belajar siswa belum mencapai KKM yang telah ditentukan.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis lesson study dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X AK SMK PGRI 6 Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas X AK SMK PGRI 6 Malang berjumlah 32 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis lesson study dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK PGRI 6 Malang. Dalam penelitian ini diketahui bahwa siswa yang tidak mencapai KKM ketika diadakan pre test sebanyal 15 siswa dari 29 siswa atau sebesar 51,72%. Sedangkan siswa yang mencapai KKM sebanyak 14 siswa, lebih dari 50% siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan pre test  yang mengakibatkan siswa tersebut tidak mencapai KKM yang telah ditentukan. Jumlah siswa yang tidak mencapai KKM ketika diadakan post test I sebanyak 7 siswa dari 32 siswa atau sebesar 21,88% dengan rata-rata skor kelas 78,1. Apabila dibandingkan dengan sebelum diberi tindakan makan persentase siswa yang mencapai KKM setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri berbasis lesson study mengalami peningkatan sebesar 21,88%. Pada siklus II semua siswa berhasil mencapai KKM dengan skor rata—rata kelas 82. Jika dibandingkan dengan siklus I maka skor rata-rata kelas pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 3,9 dan siswa yang mencapai KKM mengalami peningkatan 21,88%.

Berdasarkan hasil penelitian, beberapa saran yang dapat diajukan peneliti yaitu; 1) bagi guru akuntansi hendaknya tidak sering menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran; 2) bagi peneliti selanjutnya disarankan meneliti lebih lanjut mengenai penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis lesson study pada indikator hasil belajar yang sama sekali tidak ada siswa yang mendapatkan nilai sempurna saat dilakukan evaluasi pembelajaran.