SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perencanaan Gudang Pupuk Rangka Baja di Desa Boro, Kecamatan Karang Ploso, Kabupaten Malang

Moch. Eko Budi Cahyono

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Cahyono, Moch. Eko, Budi. 2015. Perencanaan Gudang Pupuk Rangka Baja di Desa Boro, Kecamatan Karang Ploso, Kabupaten Malang.Proyek Akhir, Program Studi D3 Teknik Sipil dan Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. N. Bambang Revantoro,S.T.,M.T, (II) Imam Alfianto.S.T.,M.T,

 

Kata Kunci : Gording C, Baja IWF, Sambungan Baja.

Seiring dengan penigkatan kebutuhan manusia akan bangunan dan perkembangan teknologi yang semakin pesat, menuntut adanya kesiapan dan inovasi dalam perencanaan serta pelaksanaan pembangunan akan konstruksi bangunan. Tujuan perencanaan struktur adalah untuk menghasilkan suatu struktur yang stabil, cukup kuat, mampu-layan, awet, dan memenuhi tujuan-tujuan lainnya seperti ekonomi dan kemudahan pelaksanaan.

Untuk merencanakan suatu bangunan yang menggunakan struktur baja, dapat direncanakan dengan alternatif baja IWF yang dimaksudkan untuk mendapatkan tahanan yang lebih besar terhadap lentur persatuan berat penampang melintang. Struktur kolom komposit merupakan alternatif dalam perencanaan bangunan, yang dimana merupakan profil baja yang dibungkus dengan beton. Keuntungan yang di dapat dari digunakannya struktur kolom komposit adalah kolom yang dapat memikul beban tekan aksial yang lebih besar dibanding kolom profil baja.

Dari hasil perhitungan didapatkan ukuran optimal profil gording Channel 100.50.20.2,3 dengan pemasangan trekstang Ø12 sejarak 2 m. Profil kapstang dan kolom diperoleh dari profil IWF 150.75.5.7. Pada metode LRFD digunakan untuk menghitung tebal plat, jumlah baut, dan kebutuhan las. Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan kebutuhan sambungan yang optimal dan aman sesuai dengan beban yang berkerja pada struktur.