SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Corporate Governance terhadap Tax Avoidance Pada Perusahaan Kecil yang Terdaftar di BEI Tahun 2014

Fazlur Rahman Rahawarin

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahawarin. Fazlur R. 2016. Pengaruh Corporate Governance terhadap Tax Avoidance Pada Perusahaan Kecil yang Terdaftar di BEI Tahun 2014. Skripsi Jurusan Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M. Ak.

Kata Kunci: Corporate Governance, Tax Avoidance, Perusahaan Kecil di BEI.

Corporate Governance adalah seperangkat sistem yang mengatur dan mengendalikan perusahaan untuk menciptakan nilai tambah (value added) bagi para pemangku kepentingan. Pemerintah mewajibkan Corporate Governance untuk mengawasi manajer dalam mengelola perusahaan sehingga tidak merugikan para stakeholder termasuk pemerintah yang dalam hal ini adalah mengenai pembayaran pajak. Perusahaan cenderung menginginkan pembayaran pajak yang rendah sedangkan pemerintah menginginkan penerimaan pajak yang maksimal. Hal tersebut memicu manajer untuk melakukan tax avoidance sehingga Corporate Governance diharapkan dapat mengurangi praktik tax avoidance tersebut. Penelitian terdahulu mengungkapkan praktik Corporate Governance dalam perusahaan memang dilaksanakan akantetapi implementasinya masih belum diterapkan oleh perusahaan secara penuh sesuai dengan prinsip Corporate Governance. Penerapan Corporate Governance umumnya dilakukan oleh perusahaan besar dengan lebih baik dari pada perusahaan kecil, sehingga diduga Corporate Governance tidak berpengaruh terhadap praktik tax avoidance pada perusahaan kecil.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Governance terhadap tax avoidance pada perusahaan kecil yang terdaftar di BEI Tahun 2014. Corporate Governance diproksikan oleh tiga variable yaitu jumlah komite audit, proporsi komisaris independen, dan kualitas auditor. Populasi penelitian ini adalah perusahaan kecil yang terdaftar di BEI tahun 2014. Metode pemilihan sampel menggunakan purposive sampling, diperoleh sampel sebanyak 70 perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis data sekunder, teknik pengambilan data adalah dokumentasi yang bersumber dari ICMD dan www.idx.co.id. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil pengujian dengan analisis regresi linier berganda menyimpulkan bahwa Corporate Governance yang diproksikan oleh komisaris independen, komite audit, dan kualitas audit tidak berpengaruh terhadap tax avoidance pada perusahaan kecil yang terdaftar di BEI.