SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Komparatif Tingkat Kesehatan Bank dengan Menggunakan Metode CAMELS dan RGEC (Studi pada Bank yang Terdaftar di BEI Tahun 2014)

Gilang Permana Putra.

Abstrak


ABSTRAK

 

Putra, Gilang Permana. Analisis Komparatif Tingkat Kesehatan Bank dengan Menggunakan Metode CAMELS dan RGEC (Studi pada Bank yang Terdaftar di BEI Tahun 2014). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M.Ak. (II) Dr. Sunaryanto, M.Ed.

 

Kata Kunci: RGEC, CAMELS, Tingkat Kesehatan Bank

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti perbandingan tingkat kesehatan bank yang dinilai menggunakan metode CAMELS (Capital, Assets, Management, Earnings, Liquidity, Sensitivity to Market Risk) dan metode RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital). Penelitian ini dilakukan karena adanya peraturan yang dikeluarkan BI untuk mengukur kesehatan suatu bank dengan metode RGEC yang menggantikan metode sebelumnya (CAMELS) dan mulai diberlakukan oleh Bank Indonesia (BI) sejak 1 Januari 2012.

Metode RGEC dan metode CAMELS adalah suatu metode untuk menilai tingkat kesehatan bank dengan mengukur kinerja keuangan maupun dari segi manajemen yang kemudian disatukan dan menghasilkan suatu peringkat komposit yang akan menunjukkan apakah bank tersebut dalam keadaan sangat sehat, sehat, cukup sehat, kurang sehat, dan tidak sehat.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun2014. Sampel yang digunakan berjumlah 31 bank. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis perbandingan uji non parametrik Mann-Whitney U Test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji statistik menggunakan Mann-Whitney U Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,037 lebih kecildari tingkat signifikansi yaitu sebesar 0,05 sehingga hasilnya Ha diterima, hal ini menunjukkan metode RGEC lebih baik dari metode CAMELS dalam mengukur tingkat kesehatan suatu bank.