SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kemudahan Faktur Elektronnik (E-Faktur) Terhadap Penggunaan Fasilitas Faktur Elektronik (E-Faktur) oleh Wajib Pajak Badan (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang)

Rifa Umami

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh persepsi manfaat dan kemudahan e-Faktur terhadap penggunaan fasilitas e-Faktur oleh wajib pajak badan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena menekankan pada pengujian teori-teori melalui pengukuran variabel-variabel penelitian dengan kuesioner dan melakukan analisis data dengan prosedur statistikPopulasi yang digunakan adalah seluruh wajib pajak badan yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Convenience Samplingdan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi manfaat berpengaruh signifikan terhadap penggunaan fasilitas e-Faktur, serta persepsi kemudahan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan fasilitas e-Faktur.

Keterbatasan penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner yang disebarkan kepada responden sehingga kesimpulan yang dapat diambil hanya berdasarkan kepada data yang dikumpulkan tersebut. Pengambilan sampling convenience sampling kurang menjaring wajib pajak badan secara keseluruhan. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu bagi Kantor Madya Malang perlu dilakukan penyempurnaan secara terus menerus terhadap sistem e-Faktur sehingga menghilangkan kendala dalam penerapannya dan untuk penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan tehnik random sampling agar keterkaitan terhadap populasi lebih tinggi.