SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Prestise Siswa terhadap Sekolah, Persepsi Siswa tentang Variasi Metode Pembelajaran dan Fasilitas Sekolah terhadap Motivasi Belajar Akuntansi (Studi pada Siswa Kelas XI IPS 1 di MAN Malang 1)

TRIDA NURWIJAYANTI

Abstrak


ABSTRAK

Nurwijayanti, Trida. 2010. Pengaruh Prestise Siswa terhadap Sekolah, Persepsi Siswa tentang Variasi Metode Pembelajaran dan Fasilitas Sekolah terhadap Motivasi Belajar Akuntansi (Studi pada Siswa Kelas XI IPS 1 di MAN Malang 1). Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dyah Aju Wardhani, S.E, M.Si, Ak. (II) Dra. H. Endang Sri Andayani, S.E, M.Si, Ak.

Kata Kunci: Prestise Siswa terhadap Sekolah, Persepsi Siswa, Variasi Metode Pembelajaran, Fasilitas Sekolah, dan Motivasi Belajar 

Pendidikan merupakan kebutuhan mendasar dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Salah satu faktor yang menentukan berhasil tidaknya pendidikan siswa dalam proses belajar mengajar adalah motivasi belajar. Motivasi belajar siswa didorong oleh berbagai macam faktor diantaranya, prestise siswa terhadap sekolah, persepsi siswa tentang variasi metode pembelajaran, dan persepsi siswa tentang fasilitas sekolah.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh antara prestise siswa terhadap sekolah, persepsi siswa tentang variasi metode pembelajaran dan persepsi siswa tentang fasilitas sekolah terhadap motivasi belajar siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPS1 di MAN Malang 1. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan regresi linier ganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestise siswa terhadap sekolah berpengaruh secara positif terhadap motivasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 di MAN Malang 1, persepsi siswa tentang variasi metode pembelajaran berpengaruh secara positif terhadap motivasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 di MAN Malang 1, dan persepsi siswa tentang fasilitas sekolah berpengaruh secara positif terhadap motivasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 di MAN Malang 1.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka saran yang diberikan, (1) Sekolah hendaknya mampu meningkatkan nilai sekolahnya dan diharapkan selalu memantau pembenahan-pembenahan fasilitas sekolah, (2) Guru hendaknya lebih bervariasi dalam menggunakan metode pembelajaran, (3) Siswa hendaknya dapat memanfaatkan dan memelihara fasilitas sekolah yang sudah disediakan,dan (4) Peneliti selanjutnya sebaiknya mengembangkan variabel-variabel serta memperluas populasi dan menggunakan teknik pengumpulan data yang lebih bervariasi agar hasil penelitian lebih akurat dan objektif.