SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Pengaruh Perubahan Tarif Pajak Penghasilan dan Pengetahuan Peraturan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi

Radito .

Abstrak


ABSTRAK

Radito 2016. Pengaruh Perubahan Tarif Pajak Penghasilan dan Pengetahuan Peraturan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Studi pada KPP Pratama Malang Utara. Skripsi, Program Studi S1 Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Dodik Juliardi, SE, M.M, Ak. (II) Nujmatul Laily, S.Pd, M.SA

Kata Kunci: Perubahan Tarif Pajak Penghasilan, Pengetahuan PeraturanPerpajakan, dan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi.

Penerimaan pajak memiliki peran yang besar sebagai sumber utama penerimaan negara dalam kemajuan perekonomian di Indonesia.Pemerintah mengeluarkan kebijakan- kebijakan yang pro aktif dengan harapan bahwa masyarakat dapat berkontribusi langsung dalam membangun perekonomian dalam negeri. Permasalahan tentang kepatuhan pajak merupakan masalah klasik yang dihadapi hampir semua negara yang menerapkan sistem perpajakan.Pemerintah harus dapat menunjukkan kepada masyarakat bahwa pengelolaan pajak yang mereka lakukan sudah benar dan sesuai dengan apa yang diinginkan masyarakat, karena masyarakat merupakan subyek dari sebuah sistem perpajakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perubahan tarif pajak penghasilan dan pengetahuan peraturan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak orang pribadi yang datang di KPP Pratama pada bulan April 2016 untuk menjalankan kewajiban pajaknya.Sampel yang digunakan adalah wajib pajak yang bersedia mengisi kuisioner sebagai responden penelitian yang berjumlah 222. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner yang disebar secara acak kepada wajib pajak yang datang di KPP Pratama Malang utara.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Perubahan tarif pajak penghasilan dan pengetahuan peraturan perpajakan berpengaruh signifikan positif terhadap kepatuhan wajib pajak pribadi. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah menambahkan variabel variabel lain yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak orang pribadi.