SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Akuntansi Sebelum dan Setelah Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Flipbook dalam Mata Kuliah Komputer Akuntansi

AYU LUVITA ANGGRAENY

Abstrak


ABSTRAK

Anggraeny, Ayu Luvita. 2016. Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Akuntansi Sebelum dan Setelah Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Flipbook dalam Mata Kuliah Komputer Akuntansi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Nujmatul Laily, S.Pd., M.SA. (II) Dr. Dodik Juliardi, S.E, M.M, Ak.

Kata Kunci: Bahan Ajar Berbasis Flipbook, Hasil Belajar

Perkembangan teknologi saat ini sangat maju terutama dalam bidang pendidikan. Seorang guru dituntut mengikuti perkembangan teknologi tersebut dengan melakukan pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menarik. Salah satunya mengubah metode pembelajaran konvensional dengan menggunakan bahan ajar berbasis flipbook.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar mahasiswa akuntansi sebelum dan setelah menggunakan bahan ajar berbasis flipbook pada mata kuliah komputer akuntansi. Jenis penelitian adalah Pre – Experimental Design. Desain dalam penelitian ini menggunakan bentuk One Group Pretest – Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi angkatan 2014 offering AA, B, dan BB. Intrumen yang digunakan berupa instrumen tes berupa soal kasus. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji hipotesis Chi – Square.

Berdasarkan hasil uji hipotesis Chi – Square menunjukkan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga H1 ditolak, yang artinya bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar mahasiswa akuntansi sebelum dan setelah menggunakan bahan ajar berbasis flipbook pada mata kuliah komputer akuntansi.