SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Gaya Mengajar Dosen Akuntansi dan Motivasi Belajar Mahasiswa Akuntansi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Septrian Wahyu Setiawan

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

Setiawan, Septrian Wahyu. 2016. Pengaruh Persepsi Gaya Mengajar Dosen Akuntansi dan Motivasi Belajar Mahasiswa Akuntansi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak, (2) Dr. Sunaryanto, M.Ed.

Kata Kunci: Persepsi, Gaya Mengajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Tujuan pendidikan dan pembelajaran adalah untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, yang ahli dalam bidangnya masing-masing. Sumber daya manusia yang berkualitas merupakan indikator meningkatnya mutu pendidikan. Cara untuk mengetahui suatu pendidikan berkualitas atau tidak adalah dengan melihat prestasi atau hasil belajar siswa. Hasil belajar merupakan tujuan akhir dilaksanakannya kegiatan pembelajaran. Pentingnya hasil belajar merupakan ukuran dalam menilai dan mengetahui kompetensi mahasiswa sebagai acuan dalam memperbaiki strategi pembelajaran. Hasil belajar di pengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah persepsi mahasiswa tentang gaya mengajar dosen, dan motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dua faktor tersebut yaitu pengaruh persepsi mahasiswa tentang gaya mengajar dosen dan motivasi belajar mahasiswa terhadap hasil belajar mahasiswa program studi S1 Pendidikan Akuntansi di Universitas Negeri Malang. Hasil belajar dalam penelitian ini adalah nilai hasil belajar mata kuliah Akuntansi Keuangan Lanjut (AKL 1).

Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi.Variabel penelitian yang digunakan adalah persepsi mahasiswa tentang gaya mengajar dosen, motivasi belajar, dan hasil belajar. Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang angkatan 2013 yang berjumlah 176 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik proportional random sampling dengan menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah sampel 122 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi gaya mengajar dan motivasi belajar mahasiswa akuntansi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. Persepsi mahasiswa tentang gaya mengajar dosen dan motivasi belajar baik, akan berdampak baik pula terhadap hasil belajar mahasiswa program studi S1 Pendidikan Akuntansi angkatan 2013.

Penelitian ini memiliki keterbatasan berupa (a) penelitian ini hanya dilakukan  pada mahasiswa program studi S1 Pendidikan Akuntansi sehingga hasilnya akan berbeda jika dilakukan pada program studi yang berbeda (b) butir pernyataan yang digunakan peneliti jumlahnya terbatas dan belum secara penuh mewakili indikator variabel terkait. Disarankan bagi mahasiswa untuk selalu meningkatkan motivasi belajar dan memiliki persepsi yang baik terhadap metode atau gaya mengajar dosen sehingga akan berdampak baik terhadap hasil belajar dan bagi peneliti selanjutnya untuk  menambah variabel lain yang berpengaruh terhadap hasil belajar, serta dapat menambahkan teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara agar hasil penelitian lebih akurat.