SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN HARGA SAHAM SEBELUM DENGAN SESUDAH PENGUMUMAN DIVIDEN (Studipada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2015)

Prahardika Debbie Ferdiana

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

Ferdiana, Prahardika Debbie. 2016. Perbedaan Harga Saham Sebelum dengan Sesudah Pengumuman Dividen (Studipada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2015). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Dr. CiptoWardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak, CA dan (II) Dr. PujiHandayati, S.E., M.M., Ak, CA, CMA

Kata Kunci : Harga Saham, Pengumuman Dividen

 Pengumuman dividen ialah kebijakan perusahaan, dimana perusahaan mengumumkan hasil dari rapat umum pemegang saham (RUPS) untuk membagikan dividen kepada para pemegang saham. Pengumuman dividen suatu perusahaan dapat menjadi signal baik atau buruk bagi para pemegang saham. Pengumuman dividen dapat dikatakan mengandung signal/informasi apabila dapat mempengaruhi pengambilan keputusan para investor. Pada penelitian ini yang menjadi focus penelitian adalah cum dividend date yang merupakan tanggal terakhir perdagangan saham yang masih mengandung hak untuk mendapatkan dividen.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahhui reaksi pasar dari pada terjadinya pengumuman dividen dengan melihat perbedaan harga saham sebelum dengan sesudah pengumuman dividen perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek Indonesia (BEI) dan mengumumkan dividen selama periode 2012-2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitan ini terdapat 10 perusahaan.Teknik pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sumber data di dapat dari data sekunder dan untuk analisis uji beda dua sampel berpasangan dalam penelitian ini menggunakan uji statistic parametric Paired Sample T Test karena hasil dari uji normalitas  data menunjukkan data berdistribusi normal.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan harga saham sebelum dengan sesudah pengumuman dividen yang signifikan. Berdasarkan hasil uji statistik, harga saham sebelum pengumuman dividen mengalami penurunan setelah adanya pengumuman dividen namun tidak signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa pengumuman dividen mempunyai kandungan informasi/sinyal akan tetapi informasi ini telah dapat diantisipasi oleh investor. Saran untuk penelitian berikutnya adalah untuk meneliti dengan variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi harga saham, sehingga dapat memproyeksikan keadaan yang sebenarnya. Selain itu disarankan juga untuk menggunakan alat analisis lain serta meneliti perusahaan-perusahaan lain dengan bidang dan struktur modal yang berbeda.