SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama dalam Kelompok pada Mata Pelajaran Akuntansi Biaya di SMK 01 Ardjuno Malang.

EKO NURHAJI PURNOMO

Abstrak


ABSTRAK
Purnomo, Eko Nurhaji (2009): Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model TAI 
  (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Kemampuan 
  Bekerjasama dalam Kelompok pada Mata Pelajaran Akuntansi Biaya di
  SMK 01 Ardjuno Malang.
 
Kata kunci: Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization), 
  Kemampuan Bekerjasama dalam Kelompok.
 
  Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Ardjuno 01 Malang,
situasi pada saat proses belajar mengajar siswa terlihat pasif dalam kegiatan
belajar mengajar. Banyak siswa yang menggantungkan kepada siswa yang pandai
dalam mengerjakan tugas. Pada saat belajar dalam bentuk kelompok, diskusi
didominasi siswa yang pandai, Banyak siswa yang bermain sendiri atau berbicara
dengan teman dengan topik yang lain bahkan ada yang diam saja. Hal tersebut
menunjukan kurang adanya kerjasama dalam kelompok. Penelitian ini bertujuan
untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model TAI (Team Assisted
Individualization) untuk meningkatkan  kemampuan bekerjasama dalam
kelompok.    Berdasarkan tindakan pada siklus I dan siklus II, kemampuan kerjasama
untuk aktivitas individu mengalami kenaikan yaitu sebanyak 10 siswa dengan
predikat “baik” pada siklus I naik mernjadi 15 siswa pada siklus II, tingkat
keberhasilan aktivitas kelompok sebanyak 2 kelompok memiliki kemampuan
kerjasama yang baik menjadi 4 kelompok pada siklus II.
  Berdasarkan hasil penelitian tersebut pembelajaran model TAI (Teams
Assisted Individualization) dapat meningkatkan kemampuan bekerjasama dalam
kelompok terutama ditahap team study dan Whole class units hal tersebut terlihat
terjadi peningkatan kemampuan kerjasama dalam kelompok disiklus II baik
aktivitas individu maupun aktivitas kelompok.
  Keterbatasan pada penelitian ini adalah belum ditemukannya landasan
teorotis untuk menentukan keberhasilan tindakan, sehingga penelitian ini
dinyatakan berhasil pada siklus ke-II didasarkan pada penelitian terdahulu. Saran
yang diajukan dalam penelitian ini antara lain. (1) Bagi guru yang memiliki
masalah dalam proses belajar mengajar berupa rendahnya kerjasama siswa dalam
proses belajar, maka model pembelajaran TAI (Teams Assisted Individualization)
dapat sebagai alternatif  khususnya mata pelajaran Akuntansi Biaya standar
kompetensi penyajian laporan harga pokok,  atau pada mata pelajaran yang
memiliki karakteristik sejenis. (2) Sebelum pembelajaran TAI dilaksanakan,
hendaknya guru benar-benar mempersiapkan dengan baik perangkat pembelajaran
maupun perencanaan pembagian waktu sehingga pembelajaran TAI dapat berjalan
dengan efektif.(3) Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya melakukan penelitian mengenai penerapan pembelajaran kooperatif model TAI baik di kelas ini maupun
di sekolah lain dengan mencari landasan teoritis mengenai keberhasilan tindakan
agar hasil penelitian lebih representatif.