SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Telaah Faktor-faktor Yang Mendasari Niat Mahasiswa Untuk Berwirausaha

Dimas Galih Wijaya

Abstrak


ABSTRAK

Wijaya, Dimas, Galih. 2016. Telaah Faktor-Faktor yang Mendasari NiatMahasiswa Akuntansi Untuk Berwirausaha. Skripsi. Jurusan akuntansi,Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) SawitriDwi Prastiti, S.E.,M.Si., Ak. , (II) Dr. Puji Handayati, S.E, M.M, Ak. CA,C.MA. Kata Kunci : Faktor Niat Berirausaha, Mahasiswa Akuntansi, Motivasi

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mampu menunjang mahasiswa jurusan Akuntasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang (UM) untuk berwirausaha kelak di masa yang akan datang.

Penelitian ini adalah penelitian studi kasus yang dilakukan kepada mahasiswa jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang (UM). Proses penggalian informasi dari subjek penelitian didasarkan atas niat untuk memulai  berwirausaha. Niat ini diketahui dari antusiasnya mereka mengikuti matakuliah kewirausahaan yang diselenggarakan oleh pihak Jurusan akuntansi. Pencarian data dari subjek penelitian dilakukan dengan cara wawancara langsung pada mahasiswa yang bersangkutan.

Hasil penelitian niat berwirausaha dari mahasiswa dibagi atas tiga motivasi, yaitu, motivasi interinsik, motivasi eksterinsik dan persepsi diri yang memudahkan mahasiswa untuk bergerak. Motivasi interinsik dari mahasiswa terdiri atas keinginan untuk mendapat penghasilan, membuka lapangan kerja dan kebebasan waktu bekerja. Motivasi Eksterinsik dibagi atas dasar 2 faktor, yaitu dorongan keluarga untuk berwirausaha dan adanya kurikulum matakuliah kewirausahaan yang wajib diikuti oleh mahasiswa. Klasifikasi atas dasar persepsi diri yang mampu menunjang mahasiswa untuk berwirausaha adalah pengetahuan mengenai akuntansi keuangan, pengetahuan manajemen keuangan dan pengetahuan kewirausahaan

Matakuliah kewirausahaan lebih baik diberikan pada semester akhir perkuliahan karena kewirausahaan membutuhkan pengetahuan akuntansi, sehingga ketika diajarkan pada semester akhir, mahasiswa memiliki pandangan lebih baik atas matakuliah kewirausahaan..