SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015)

Nadia Sara Fresilia, Nadia Sara Fresilia

Abstrak


Fresilia, Nadia sara. 2016. Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci: Good corporate governance, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, ukuran perusahaan, kinerja keuangan, return on asset.

Good Corporate Governance adalah suatu sistem pengelolaan perusahaan yang dirancang untuk meningkatkan kinerja perusahaan, melindungi kepentingan stakeholders dan meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan serta nilai-nilai etika yang berlaku secara umum. Selama ini good corporate governance diyakini mampu meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian tentang pengaruh good corporate governance terhadap kinerja keuangan ini sudah banyak dilakukan oleh beberapa peneliti terdahulu, namun masih ditemukan adanya inkonsistensi dalam hasil penelitian. Dalam hal ini peneliti menduga terdapat variabel lain good corporate governance yang belum diperhitungkan oleh peneliti, yaitu ukuran perusahaan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kepemilikan manajerial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan, apakah kepemilikan institusional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan, dan apakah ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Populasi dalam penelitian  ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2011-2015 yaitu sebanyak 146 perusahan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dan dengan kriteria yang telah ditentukan didapatkan 12 perusahaan sebagai sampel penelitian. Dengan periode 5 tahun sehingga diperoleh pooled data 60 sampel. Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji t untuk pengaruh langsung unsur-unsur good corporate governance terhadap kinerja keuangan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kepemilikan manajerial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan, (2) Kepemilikan institusional tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan, dan (3) Ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Nilai Adjusted R Square untuk  pengaruh good corporate governance terhadap kinerja keuangan hanya sebesar 7,9%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan peneliti selanjutnya agar menambah jumlah variabel independent untuk mekanisme good corporate governance yang diduga dapat menambah nilai Adjusted R Square pengaruh good corporate governance terhadap kinerja keuangan.