SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Model Pembelajaran Arias-Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi (Studi Pada Siswa Kelas X AK SMK Muhammadiyah 03 Singosari

Nur Maulida

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

Maulida, Nur Rohmatul. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Arias-Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi (Studi Pada Siswa Kelas X AK SMK Muhammadiyah 03 Singosari. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi, FE. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Endang Sri Andayani, S.E., M.Si., Ak.., (II) Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.Sa., Ak.

Kata Kunci:Pembelajaran Kooperatif, model Arias-Jigsaw, motivasi, hasil belajar siswa.

Tingkah laku setiap siswa dalam belajar bersifat heterogen, tidak dapat disamaratakan. Pembelajaran kooperatif lebih efektif untuk diimplementasikan dalam kelas yang heterogen karena dapat menimbulkan suasana belajar yang kondusif yaitu dengan saling berinteraksi antar siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran Arias-Jigsaw, siswa dihadapkan untuk memiliki rasa tanggung jawab sesuai dengan tugas yang diberikan.

Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi model pembelajaran Arias-Jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas X AK SMK Muhammadiyah 03 Singosari sebanyak 47 siswa.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif untuk meningkatkan motivasi dan kuantitatif untuk hasil belajar siswa. Data pada penelitian ini berupa paparan deskriptif mengenai catatan lapangan untuk mengamati motivasi belajar pada siswa dan nilai dari post test untuk evaluasi hasil belajar siswa.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran Arias-Jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi siswa terlihat saat analisa respon siswa pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I, sejumlah 16 siswa menunjukkan respon positif terhadap peningkatan motivasi belajar. Setelah dilaksanakan siklus II, sejumlah 19 siswa menunjukkan peningkatan motivasi belajar. Hasil belajar siswa dapat diketahui melalui post test siklus I dan siklus II. Pada siklus I, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sejumlah 7 siswa, sedangkan yang belum tuntas 40 siswa, sehingga diperoleh rata-rata 61,425532, dan ketuntasan belajar klasikal 14,89 % yang berarti ketuntasan belajar siswa dalam kategori sangat rendah. Setelah dilaksanakan post test II, diketahui siswa yang mencapai ketuntasan 31 siswa sedangkan yang belum mencapai ketuntasan sejumlah 16 siswa.  Sehingga diperoleh rata-rata 76,48936. Presentase ketuntasan belajar klasikal meningkat  menjadi 65,95 % yang berarti ketuntasan belajar siswa dalam kategori cukup baik.

Berdasarkan penelitian ini, maka disarankan kepada guru dapat menerapkan, memberikan panduan, dan mengembangkan model pembelajaran Arias-Jigsaw, khususnya pada materi ajar Akuntansi ataupun pada materi pelajaran yang lain. Kepada para peneliti selanjutnya, diharapkan dapat melakukan penelitian tentang implementasi model pembelajaran Arias-Jigsaw dengan memahami keadaan siswa dalam belajar kemudian mengembangkannya. Hal ini dikarenakan cara belajar tiap-tiap siswa berbeda.