SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Nilai Perusahaan Dan Potensi Kebangrutan Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Peserta Sustainability Reporting Award Tahun 2013-2015)

Candra Adi Prasetya

Abstrak


ABSTRAK

Prasetya, Candra Adi. Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Nilai Perusahaan Dan Potensi Kebangrutan Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Peserta Sustainability Reporting Award Tahun 2013-2015). Skripsi Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Sawitri Dwi Prastiti, S.E., M.Si., Ak. (2) Dr. Hj. Endang Sri Andayani, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci: sustaianbility report, nilai perusahaan, potensi kebangkrutan perusahaan

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh pengungkapan sustainability report terhadap nilai perusahaan dan potensi kebangkrutan perusahaan. Penelitian ini merupakan explanatory research dengan menggunakan data sekunder. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengungkapan sustainability report yang diukur menggunakan indeks GRI. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan yang diproksikan dengan tobins q dan potensi kebangrutan perusahaan yang diproksikan dengan altman z-score. Sampel penelitian ini adalah 31 perusahaan publik yang mengikuti sustainability reporting award tahun 2013-2015. Metode penarikan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria tertentu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi kanonikal.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengungkapan sustainability report tidak berpengaruh  terhadap nilai perusahaan dan potensi kebangrutan perusahaan. Jadi, tinggi rendahnya pengungkapan sustainability report tidak akan mempengaruhi pertumbuhan nilai perusahaan dan potensi kebangkrutan perusahaan. Penelitian selanjutanya disarankan untuk mepertimbangkan menggunakan variabel dependen lain dan melakukan analisis konten terhadap pengungkapan sustainability report.