SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Determinan Kualitas Audit (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Malang)

INNAYATUL FAUZIAH

Abstrak


Fauziah, Innayatul 2016. Determinan Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Malang). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Nujmatul Laily, S.Pd., M.SA, (II) Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si. , AK . CA (P).

Kata Kunci: Determinan, dan Kualitas Audit.

Kualitas audit merupakan sebuah probabilitas (kemungkinan) dimana auditor mampu untuk menemukan dan melaporkan terhadap pelanggaran yang teerjadi didalam sistem akuntansi kliennya. Sehingga, kualitas audit bertoleransi dengan kualitas AP yang melakukan audit laporan keuangan yang ditunjukkan dengan integritas dan kredibilitas dari auditor tersebut. Hal ini sesuai dengan teori atribusi yang mengacu bagaimana seseorang dapat menjelaskan penyebab dari perilaku orang lain atau dirinya sendiri dalam menghadapi situasi tertentu.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh independeni, skeptisme profesional, serta etika profesional terhadap kualitas audit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian eksplanasi. Penelitian ini merupakan suatu penelitian populasi dengan jumlah 35 auditor di kota Malang sebagai responden. Peneliti menggunakan data primer yang diperoleh dari instrument kuisioner. Analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah regresi linier berganda.

Hasil analisi data menunjukkan bahwa: (1) independensi tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit (2) skeptisme profesional tidak berpengaruh terhadap kualitas audit (3) etika profesional berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Peneliti selanjutnya disarakan agar menambah variabel lain yang diduga memiliki pengaruh terhadap kualitas audit.