SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kompetensi Auditor dan Independensi Auditor Terhadap Kualitas Audit dengan Etika Profesi Aditor dan Komitmen Profesional Sebagai Varibel Moderasi (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Kota Malang)

WIWIK RUSDIYANTI

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

Rusdiyanti, Wiwik. 2016. Pengaruh Kompetensi Auditor dan Independensi Auditor Terhadap Kualitas Audit dengan Etika Profesi Auditor dan Komitmen Profesional Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Kota Malang). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Nujmatul Laily, S.Pd., M.SA, (2) Dr.Satia Nur Maharani, S.E., M.Sa, AK

Kata Kunci: Kompetensi Auditor, Independensi Auditor, EtikaProfesi Auditor, Komitmen Profesional, dan Kualitas Audit.

Kualitas audit merupakan kemungkinan (probability) yang terjadi ketika auditor mengaudit laporan keuangan klien. Hal tersebut membuat auditor dapat menemukan pelanggaran yang terjadi dalam sistem akuntansi klien dan melaporkan dalam laporan audit. Kualitas jasa yang dihasilkan oleh para profesi akuntan publik diatur dan dikendalikan melalui berbagai standar yang diterbitkan oleh organisasi profesi tersebut, (Mulyadi, 2010:35). Kompetensi auditor, independensi auditor, etika profesi auditor, dan komitmen professional memiliki peran penting dalam penentuan kualitas audit. Hal inisesuai dengan Attribution Theory yang menjelaskan bahwa perilaku seorang auditor dalam mengintepretasikan suatu peristiwa, alasan atau sebab perilaku individu.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompetensi auditor dan independensi auditor terhadap kualitas audit dengan etika profesi auditor dan komitmen professional sebagai variabel moderasi. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksplanasi. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yaitu auditor pada kantor akuntan publik di kota Malang berjumlah 59 auditor. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh dari instrument kuesioner. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan moderasi.

Hasil analisis data menunjukkan: kompetensi auditor dan independensi auditor tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit, etika profesi auditor tidak mampu memoderasi pengaruh kompetensi auditor terhadap kualitas audit, etika profesi auditor tidak mampu memoderasi pengaruh independensi terhadap kualitas audit, komitmen professional tidak mampu memoderasi pengaruh kompetensi auditor terhadap kualitas audit, dan komitmen professional tidak mampu memoderasi pengaruh independensi terhadap kualitas audit. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bahwa perusahaan menyediakan pelatihan yang memadai baik eksternal maupun internal kepada auditor junior dan auditor senior agar dapat menghasilkan audit yang berkualitas.