SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Media Pembelajaran Prezi Dalam Pembelajaran Akuntansi Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Pasuruan

Saiful Anwar

Abstrak


ABSTRAK

Anwar, Saiful. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Prezi Dalam Pembelajaran Akuntansi Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Pasuruan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sunaryanto, M.Ed., (II) Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si., Ak

Kata kunci : Media Pembelajaran Prezi, Hasil Belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran prezi dalam pembelajaran akuntansi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain Experiment Research. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XII di SMAN 1 Pasuruan, dengan sampel yang diteliti sejumlah 69 siswa. Pengumpulan data menggunakan pre test dan post test. Di dalam penelitian ini peneliti menggunakan uji t. Uji t dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara penggunaan media pembelajaran prezi dengan tanpa menggunakan media pembelajaran prezi.

Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan media pembelajaran prezi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar jika dibandingkan dengan tanpa penggunakan media pembelajaran prezi pada mata pelajaran akuntansi di SMAN 1 Pasuruan. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan: (1) siswa mampu menginspirasi guru untuk menggunakan media yang ada dan meningkatkan hasil belajarnya, (2) guru dapat menggunakan media pembelajaran prezi sebagai alternatif pembelajaran, (3) sekolah dapat memaksimalkan fasilitas yang ada, dan (4) penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengkombinasikan media pembelajaran dengan model pembelajaran, memperbaiki metode pengambilan data, dan lebih memperhatikan penilaian ranah afektif dan psikomotorik, serta dapat menambahkan varibel baru yang akan diteliti.