SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pemanfaatan Smartphone Sebagai Sumber Belajar dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Turen

Septi Dwi Handani

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar diantaranya faktor eksternal (pemanfaatan smartphone sebagai sumber belajar) dan faktor internal(kecerdasan interpersonal).Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pemanfaatan smartphone sebagai sumber belajar dan kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 Turen.

Rancangan penelitian ini adalah adalah penelitian eksplanasi. Variabel penelitian yang digunakan adalah Pemanfaatan Smartphone Sebagai Sumber Belajar (X1), Kecerdasan Interpersonal (X2), dan Prestasi Belajar Akuntansi (Y). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Turen yang berjumlah 103 siswa, sedangkan sampel yang diambil berjumlah 82 siswa. Teknik sampling menggunakan Propotional Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner untuk variabel pemanfaatan smartphone sebagai sumber belajar dan kecerdasan interpersonal. Teknil analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan smartphone sebagai sumber belajar dan kecerdasan interpersonal berpengaruh secara parsial terhadap prestasi belajar akuntansi. Keterbatasan dalam penelitian ini berupa pengukuran variabel prestasi belajar dengan ranah kognitif saja. Berdasarkan keterbatasan penelitiandisarankan bagi peneliti selanjutnya, (a) menambah variabel lain selain pemanfaatan smartphone sebagai sumber belajar dan kecerdasan interpersonal apabila akan mengambil masalah yang sama (b) menambahkan penilaian terhadap ranah afektif dan psikomotorik untuk mengukur prestasi belajar akuntansi siswa