SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Ajar Komputer Akuntansi Materi Siklus Perusahaan Manufaktur Untuk Jurusan Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Echa Nury Rahayu

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Perkembangan pendidikan di Indonesia ditandai dengan perubahan kurikulum, kurikulum terbaru yang diterapkan saat ini adalah Kurikulum 2013. Implementasi K-13 bertujuan untuk menerapkan pola pembelajaran student centered yaitu pembelajaran yang menuntut siswa lebih aktif. Pengelolaan bahan ajar pada penerapan kurikulum 2013 yang berpusat pada pemerintah menimbulkan kendala distribusi bahan ajar. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan buku ajar komputer akuntansi materi siklus akuntansi perusahaan manufaktur sebagai sumber bahan ajar dengan pendakatan saintifik pada tugas latihan, yang tervalidasi oleh ahli materi, dan ahli pengembangan bahan ajar.

Model penelitian yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini adalah model penelitian dan pengembangan yang di adaptasi dari model R&D Sugiyono. Langkah yang dilakukan meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) desain produk, (4) uji validasi produk, (5) revisi produk ke-I, (6) uji coba pengguna terbatas dan (7) revisi produk ke-II. Hasil penelitian menunjukan hasil rata-rata validasi materi pertama sebesar 83%, hasil validasi ahli materi kedua sebesar 92%. Hasil validasi ahli pengembangan bahan ajar sebesar 97%. Rata-rata hasil validasi pengguna terbatas sebesar 85%. Hasil validasi tersebut menunjukan produk yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Hasil validasi menunjukan kelemahan produk terletak pada aspek saintifik untuk berpikir kritis dan rasa ingin tahu yang masih rendah. Saran bagi peneneliti selanjutnya yaitu (1) mengembangkan bahan ajar yang dapat meningkatkan aspek saintifik berupa rasa ingin tahu dan pola berfikir kritis ketika siswa menggunakan bahan ajar tersebut dan (2) melaksanakan tahap eksperimen dalam proses pengembangan produk sehingga dapat diketahui keefektifan produk secara jelas.