SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Square dan Talking Stick untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Probolinggo

Dita . Yunita

Abstrak


ABSTRAKSI

Yunita, Dita, 2009. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Square dan Talking Stick untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Probolinggo. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi. Universitas Negeri Malang.  Pembimbing (I) Dr. Dyah Aju Wardhani, SE,M.Si, Ak (II) Dr. Endang Sri Andhayani, SE, M.Si, Ak.

Kata Kunci : Pembelajaran model Think Pair Square dan Talking Stick,  aktivitas siswa, hasil belajar 

 Praktik kegiatan pembelajaran akuntansi di SMA Negeri 4 Probolingggo masih menggunakan metode konvensional yaitu menggunakan ceramah dan latihan soal, siswa kurang diberi kesempatan untuk terlibat aktif dalam pembelajaran, sehingga mengakibatkan aktivitas siswa sangat rendah. Hal ini juga menyebabkan hasil belajar yang diperoleh siswa belum memenuhi Standar Ketuntasan Minimal (SKM) secara keseluruhan. 

Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran model Think Pair Square dan Talking Stick. Model pembelajaran ini melibatkan para siswa dalam mereview bahan yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek atau memeriksa pemahaman mereka tentang isi pelajaran.

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Probolinggo pada semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Probolinggo dan dilaksanakan pada  4 November 2009 sampai dengan 2 Desember 2009. Analisis data yang digunakan dengan model alir yang meliputi tahap mereduksi data, menyajikan data, verifikasi data atau menarik kesimpulan. 

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan  bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Square dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Probolinggo.