SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XIKUII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Pada Mata Diklat Produktif Akuntansi

Yeny Efriana

Abstrak


i
ABSTRAK
Efriana, Yeny. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games
Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa
Kelas XIKUII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Pada Mata Diklat
Produktif Akuntansi. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan
Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)
Dr. Nurika Restuningdiah, S.E, M.Si, Ak, Pembimbing (II) Sri
Pujiningsih, S.E, M.Si.,Ak.
Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT),
motivasi, hasil belajar
Metode pembelajaran yang diterapkan di SMK Muhammadiyah 5
Kepanjen selama ini adalah konvensional melalui ceramah, tanya jawab dimana
guru adalah pihak yang lebih mendominasi kegiatan pembelajaran, hal ini
menyebabkan kebosanan dan kurangnya motivasi belajar siswa karena siswa
cenderung pasif. Motivasi yang rendah akan berpengaruh terhadap hasil belajar
yang rendah pula. Oleh karena itu perlu dilakukan pembaharuan terhadap
pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar
siswa, salah satunya adalah dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif
TGT. Tahapan yang terdapat dalam pembelajaran TGT meliputi penyajian kelas,
diskusi kelompok, game/turnamen, evaluasi, dan pemberian penghargaan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tidakan kelas dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus
dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3)
observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
bagaimana cara menerapkan pembelajaran TGT untuk meningkatkan motivasi dan
hasil belajar siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI KU II
jurusan Akuntansi. Instrumen yang digunakan adalah tes, pedoman wawancara,
catatan lapangan, lembar observasi, angket respon siswa, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata skor untuk keseluruhan
aspek motivasi belajar siswa pada siklus I mencapai 79% dan dinyatakan dalam
taraf keberhasilan baik. Pada siklus II motivasi belajar siswa mengalami
peningkatan sebesar 11,38%, hal ini ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata
keseluruhan aspek motivasi sebesar 90,38% dengan taraf keberhasilan sangat
baik. Analisis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pada siklus I jumlah siswa
kelas XI KU II yang dinyatakan tuntas belajar sebesar 68% dan 38% dinyatakan
belum tuntas belajar. Pada siklus II tingkat ketuntasan belajar siswa kelas XI KU
II meningkat sebesar 20% menjadi 88%.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) bagi guru sebaiknya
menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) sebagai
alternatif pembelajaran di kelas pada mata diklat Produktif Akuntansi khususnya
pokok bahasan Pengelolaan Aktiva Tetap atau pada mata diklat lain yang
memiliki karakteristik sejenis (2)Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya melakukan
penelitian mengenai penerapan pembelajaran kooperatif model TGT baik di kelas
maupun di sekolah lain agar hasil penelitian lebih representatif.