SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Siswa Program Keahlian Akuntansi tentang Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Program Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Kediri.

Yuli Sulistyo Rini

Abstrak


ABSTRAK
Rini,Yuli, Sulistyo . 2009. Pengaruh Persepsi Siswa Program Keahlian Akuntansi
tentang Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Program Keahlian
Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Kediri. Skripsi, Jurusan Pendidikan
Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1)
Dr. Bambang Sugeng, S.E, M.A, M.M, Ak (2) Dr. Nurika R, S.
E.,M.Si.,Ak
Kata kunci: Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Lingkungan
Masyarakat
Pendidikan merupakan suatu proses yang kompleks melibatkan berbagai
pihak khususnya lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan
masyarakat. Ketiga lingkungan ini sering disebut juga Tri Pusat Pendidikan.
Apabila ketiga lingkungan harus dapat saling mendukung satu sama lain,maka
prestasi belajar siswa akan menjadi lebih baik
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui persepsi
siswa tentang lingkungan belajar siswa SMK Muhammadiyah 1 Kediri. (2) Untuk
mengetahui persepsi siswa tentang prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah
1 Kediri. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh persepsi siswa tentang
lingkungan belajar terhadap prestasi belajar di SMK Muhammadiyah 1 Kediri .
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, XI, XII
program keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Kediri tahun ajaran
2009/2010 sebanyak 80 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah
persepsi siswa tentang lingkungan belajar yang meliputi persepsi siswa mengenai
lingkungan keluarga (X1), lingkungan sekolah (x2) dan lingkungan masyarakat
(x3). Sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa program
keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 kediri tahun ajaran 2009/2010 (Y)