SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas dan Rasio Aktivitas terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Manufaktur Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2015)

nurhayati dwi mustika sari

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

Dwi, Nurhayati. 2016. Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas dan Rasio Aktivitas terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Manufaktur Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2015). Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Tuhardjo S.E., M.Si, Ak

Kata kunci : Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas, Rasio Aktivitas dan Harga  Saham

Penelitian ini dilakukan pada data laporan keuangan perusahaan manufaktur barang konsumsi periode 2012 sampai 2015 dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 140 data keuangan dan sampel yang diambil adalah 116 data dengan menggunakan teknik pengambilan sampel dengan  pertimbangan tertentu (purposive sampling). Proksi yang digunakan untuk variabel penelitian ini adalah current ratio untuk variabel rasio likuiditas, net profit margin untuk variabel profitabilitas dan inventory turn over untuk variabel rasio aktivitas.  Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda untuk menentukan besar pengaruh variabel yang digunakan, berdasarkan unstandardized coefficients beta, R square dan t-hitung dengan menggunakan program SPSS 16 for windows.

Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda data rasio likuiditas, rasio profitabilitas dan rasio aktivitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. Hasil tersebut dibuktikan dengan nilai CR pada unstandardized coefficients beta bernilai positif sebesar 93,849 dan nilai signifikan sebesar 0,004. Nilai NPM pada unstandardized coefficients beta bernilai positif sebesar 2868,614 dan nilai signifikan sebesar 0,000.  Nilai ITO pada unstandardized coefficients beta bernilai positif sebesar 5204,526 dan nilai signifikan sebesar 0,001. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa ITO memberikan distribusi yang lebih dominan terhadap harga saham dibanding dengan CR dan NPM.

Dari hasil penelitian ini, disarankan kepada  investor agar selalu mengikuti perkembangan rasio keuangan pada perusahaan terutama pada nilai current ratio, net profit margin dan inventory turn over. Perkembangan rasio keuangan dapat menjadi informasi utama yang mempengaruhi harga saham. Bagi pihak perusahaan harus memberikan informasi lengkap mengenai laporan keuangan yang berisi berbagai macam rasio keuangan terutama current ratio, net profit margin dan inventory turn over agar dapat membantu investor dalam mengurangi asimetri informasi yang dapat mempengaruhi pemilihan investor terhadap saham dan saran untuk peneliti selanjutnya yaitu tidak mencantumkan perusahaan rugi karena dapat memperkecil persentase distribusi rasio keuangan yang diteliti.