SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Variasi Metode Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar

Farida Yanti

Abstrak


ABSTRAK
Yanti, Farida. 2009. Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Variasi Metode
Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi
pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi, Jurusan
Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas
Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Bambang Sugeng, S.E, Ak, M.A, M.M. (II)
Sriyani Mentari, S.Pd, M.M.
Kata kunci: Persepsi, variasi mengajar, metode mengajar, motivasi belajar.
Persepsi merupakan pemberian makna terhadap sesuatu.Variasi adalah
penganekaragaman dalam penyajian kegiatan mengajar sebagai salah satu
kreatifitas guru untuk membelajarakan siswa. Metode mengajar adalah cara yang
digunakan guru untuk melakukan hubungan dengan siswa untuk melaksanakan
proses pemebelajaran. Sedangkan motivasi belajar siswa merupakan keseluruhan
daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan, menjamin kelangsungan,
dan memberikan arah kegiatan belajar sehingga tujuan yang diharapkan bisa
tercapai. Semakin baik persepsi siswa mengenai variasi metode mengajar guru
maka motivasi belajar siswa juga akan meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara
persepsi siswa mengenai variasi metode mengajar guru trehadap motivasi belajar
siswa kelas XII jurusan Akuntansi pada mata pelajaran Akuntansi di SMK Negeri
2 Blitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi (Explanatory) dan
instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan dokumentasi. Teknik
pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 2
Blitar yang berjumlah 113 siswa dengan sampel sebesar 39 responden sedangkan
teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi linear
sederhana.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa persepsi mengenai variasi
metode mengajar guru berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar
siswa pada mata pelajaran akuntansi, sebesar 30,9% dan sisanya 69.1%
dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti. Dapat dilihat juga dari hasil
pengujian hipotesis diperoleh nilai uji t untuk persepsi siswa mengenai variasi
metode mengajar guru adalah 4.064 dengan signifikansi 0.000 pada taraf
kesalahan 5%. Dari hasil angka signifikansi 0.000